logo


RUU PDP Resmi Dibahas DPR, Menkomifo Harapkan Jadi UU Pertama yang Diketok DPR

Pemerintah bersama DPR RI secara resmi bertemu untuk membahas RUU PDP

25 Februari 2020 15:08 WIB

Menkominfo Johnny G. Plate
Menkominfo Johnny G. Plate Jitunews/Nurman

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pemerintah bersama DPR RI secara resmi bertemu untuk membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP), sebagi permulaan diawali melalui Rapat Kerja bersama Komisi I dengan agenda penyampaian penjelasan pemerintah tentang RUU PDP.

Sebagai perwakilan pemerintah diutus tiga Kementerian, yaitu yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Hukum dan HAM. Sebagai perwakilan Pemerintah, Menkominfo Johnny G. Plate menyerahkan berkas pendapat Pemerintah tentang Rancangan RUU PDP ini kepada Bambang Kristiono dari Fraksi Gerindra selaku pimpinan rapat.

Turut hadir dari unsur Pemerintah, selain Menteri Johnny bersama jajaran pejabat Kementerian Kominfo, juga hadir Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, dan Dirjen Peraturan Perundang-Undangan Widodo Ekatjahjana.


Ketua DPR Sebut RUU Ketahanan Keluarga Terlau Intervensi Rumah Tangga

"Kami melakukan pertemuan atau rapat kerja pertama dengan DPR RI, berupa penjelasan pemerintah terhadap RUU ini, dan penjelasan tadi sudah diserahkan secara resmi kepada DPR," ujar Johnny usai Raker bersama Komisi I di Gedung DPR RI, Jakarta (25/2).

Johnny mengungkapkan Raker kali ini adalah upaya menindaklanjuti Surat Presiden (Surpres) yang pertama kepada DPR, terkait RUU Perlindungan Data Pribadi. Melalui Surpres tersebut, pemerintah berharap segera disusun jadwal pembahasannya.

Gedung DPR Diperketat, Puan Maharani: Tamu Diseleksi Dulu, Tujuannya Ngapain

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata