logo


Di Tempat Ini, Hujan Mustahil Turun Apalagi Banjir

Tempat paling kering di dunia

25 Februari 2020 10:52 WIB

Kota Timbuktu
Kota Timbuktu istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika beberapa tempat di dunia memiliki tingkat intensitas hujan yang cukup tinggi, beberapa daerah ini justru sebaliknya. Tempat-tempat ini sangat kering, bahkan hujan merupakan sesuatu yang sangat langka, apalagi banjir. Berikut beberapa tempat paling kering di muka bumi.

1. Kota Luxor

Luxor merupakan sebuah kota di Mesir yang berada di tepi sungai Nil. Pada zaman dulu, Luxor yang juga dikenal dengan nama Thebes, merupakan sebuah ibu kota peradaban Mesir kuno. Kota ini diyakini sangat kering, bahkan badai angin panas sering berlangsung lebih dari satu hari dengan kecepatan angin yang mencapai 150 km per jam. Saking panasnya, bahkan tetesan hujan yang turun akan langsung menguap di udara.


Ngeri! Berserker, Prajurit Semi Penyihir Bangsa Viking yang Terobsesi Jadi Binatang Buas

2. Timbuktu

Timbuktu adalah sebuah kota kuno yang terletak di negara di Mali, Afrika bagian barat. Timbuktu juga termasuk salah satu kota paling kering dan paling panas di dunia, bahkan suhu paling panas yang pernah tercatat mencapai 54 derajat Celcius. Temperatur yang sangat tinggi tersebut perlahan merubah kota ini menjadi gurun dan sangat tidak layak untuk dijadikan tempat pemukiman.

3. Ica

Kota Ica berada di tengah gurun pasir luas yang tandus di negara Peru dengan intensitas hujan yang sangat rendah. Hal tersebut membuat kota Ica sangat kering dan berdebu, namun masih layak untuk dijadikan tempat tinggal bagi kamu yang tidak suka udara dingin.

4. Dry Valley

Sebuah kawasan kecil di benua Antartika, wilayah kutub Selatan ini merupakan daerah paling kering yang ada di muka bumi. Memiliki dataran yang tandus dan kecepatan angin yang mencapai lebih dari 300 km perjam membuat awan hujan mustahil terbentuk. Bahkan banyak yang menjuluki tempat ini sebagai "Planet Mars yang ada di Bumi".

Peralatan Medis Terendam Banjir, RSCM Minta Bantuan Anies

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia