logo


Anies Baswedan Dipilih Jadi Capres 2024 di Survei Median Karena Religius dan Gaya Bahasanya

Dalam survei Pilpres 2024 dari Lembaga Survei Median nama Anies Baswedan banyak dipilih

24 Februari 2020 15:13 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan banyak dipilih dalam survei Pilpres 2024 dari Lembaga Survei Median. Responden memilih Anies karena dinilai dekat dengan ulama.

"Jadi ini yang agak unik Anies Baswedan, orang memilih dia ini itu bukan karena faktor kinerja, tapi kita bisa melihat dari, ini pertanyaan terbuka ya, jadi kami membebaskan responden untuk menjawab, itu yang pertama yang paling besar itu adalah orang mengatakan bahwa Pak Anies Baswedan ini religius, atau dekat dengan ulama," kata Direktur Median Rico Marbun di Jakarta Pusat, Senin (24/2).

Menurut Rico, Anies dinilai dekat dengan gerakan 212. Selain itu, Anies juga memiliki tutur kata yang bagus.


Tak Pernah Minta Dicalonkan Jadi Wagub DKI, Nurmansyah: Saya Cuma Pengantin yang Siap Dinikahkan

"Mungkin selama ini dekat dengan gerakan 212, sejarahnya waktu terpilih di 2017. Jadi faktor itu agak kuat menempel di Pak Anies Baswedan," ujar Rico.

"Yang kedua itu baru tutur katanya, mungkin orang suka dengan gaya bahasanya, cara menyampaikannya. Dan kalau faktor kinerja sebenarnya belum menjadi alasan utama orang memilih Anies Baswedan begitu," imbuhnya.

Survei dilakukan pada dua pekan awal Februari 2020 dengan melibatkan 1.200 responden. Median menanyakan alasan para responden memilih sejumlah tokoh untuk menjadi capres 2024. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Lima besar capres berdasarkan survei Median adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ridwan Kamil.

Jakarta Banjir Lagi, Ferdiand Hutahaean Bakal "Hajar" Anies Baswedan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata