logo


Terungkap, Ini Penyebab Gedung DPR RI Terbakar

Sistem aerosol yang berada di lantai 2 telah mengalami kerusakan sehingga secara otomatis mengeluarkan asap.

24 Februari 2020 14:47 WIB

Sekjen DPR RI, Indra Iskandar
Sekjen DPR RI, Indra Iskandar dok jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penyebab mengepulnya asap di Gedung Nusantara III DPR RI telah diketahui. Asap tersebut bukan dari asap kebakaran namun bersumber dari sistem pemadam kebakaran yang menggunakan aerosol asap di lantai 2 Gedung Nusantara III DPR RI.

Sekjen DPR RI, Indra Iskandar mengatakan sistem aerosol yang berada di lantai 2 telah mengalami kerusakan sehingga secara otomatis mengeluarkan asap.

Menurutnya sistem pemadam kebakaran yang menggunakan aerosol ini didesain sangat sensitif sehingga apabila ada potensi-potensi kebakaran maka alat ini akan bekerja dengan otomatis.


Pemerintah Gencar Turunkan Hujan Buatan di Riau dan Kalimantan Tengah

“Kami dengan Pak Kapolda tadi meninjau titik itu, bahwa yang terjadi adalah sistem ini Hang atau error, sehingga sistem itu di beberapa titik itu membuka, mengeluarkan asap semacam foging yang itu biasanya digunakan pada saat kebakaran, ada api dan ada panas,” ujar Indra Iskandar didampingi Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sujana di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Indra memastikan tidak ada korban jiwa maupun kerusakan akibat dari rusaknya sistem pemadam kebakaran di lantai 2 gedung Nusantara III DPR RI.

“Jadi, sekarang itu posisinya sudah sangat clear, sangat bersih, tidak ada kerusakan apapun, tidak ada korban apapun, tapi sebagai sebuah prosedur teman-teman dari pemadam kebakaran tetap melihat, membuka semua titik-titik yang eror tadi untuk memastikan sistem ini kenapa sampai terpicu sesuatu sehingga mengeluarkan asap,” kata dia.

“Saya perlu meluruskan, bahwa yang terjadi adalah satu sistem yang error di system aerosol kita sehingga menyebabkan sentra pengumpulan asap yang sangat banyak sekali, kalau dilihat dari luar, karena asap itu keluar dari beberapa titik, termasuk masuk lewat tangga, sehingga terkesan ada sesuatu yang terbakar,” pungkasnya.

Jelang Pelantikan Presiden, MS Kaban: Wajah Gedung DPR/MPR Tampak Menyeramkan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia