logo


Viral Emak Berhijab Jambak Pemudi Di KRL, Jika di Jepang Lansia Akan Malu

Perbedaan lansia Indonesia dan Jepang untuk mendapatkan prioritas

24 Februari 2020 12:15 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Viral di sosial media video wanita berhijab menjambak penumpang lain di KRL. Video yang diunggah Sabtu malam tersebut mendadak viral di twitter.

Dalam keterangan video tersebut, awalnya si emak-emak berhijab ini ditegur petugas keamanan kereta karena meletakkan barang sembarangan. Bungkusan makanan yang bisa dibawa, malah digeletakkan pada bangku sebelahnya.

"Jadi awalnya sebelum kejadian ini, ibu itu duduk di bangku prioritas dan bawa bungkusan makanan gitu. Nah, kebetulan bangku sebelahnya kosong, jadi dia taruh bungkusan di bangku itu. Terus sekuriti kan nggak tahu itu bungkusan apa dan (sependengaran saya yang semoga nggak salah denger) si sekuriti negor ibunya bilang, 'bu, bungkusan jangan taro situ, taro bawah aja nanti kalo ada yang mau duduk jadi nggak bisa'," ungkap akun twitter @rinafarzia (22/2/20).


Viral di Sosmed! Bima Arya Promosikan Program Kerja Sambil Berlari

Petugas yang mengetahui kelakuan tersebut, menegur wanita ini. Alih-alih mendengarkan sang petugas keamanan, wanita ini malah menyalahkan penumpang wanita lain.

"Ya kan ga ada yang mau duduk mas, jadi biar aja taro sini ini makanan. Lagian tuh (sambil menunjuk penumpang lain di depannya) kan masih muda mestinya dia yang diisuruh bangun deh," kata perempuan berhijab itu dari keterangan @rinafarzia.

Setelah perdebatan antara si wanita berhijab dan petugas keamanan kereta ini, terjadilah kejadian yang terekam video itu.

Persoalan rebutan tempat duduk kerap terjadi di Indonesia. Dalam budaya kita, memberi tempat duduk untuk orang yang lebih tua menjadi kearifan lokal. Aturan tidak tertulis ini, kadang menjadikan perdebatan hingga perselisihan seperti kejadian viral ini.

Lumrah di Jepang membiarkan orang tua berdiri di kereta

Kebudayaan Indonesia yang memuliakan orang tua saat berada di fasilitas transportasi umum berbanding terbalik di Jepang. Saat berada di negri sakura, hal yang lumrah menemukan orang lanjut usia berdiri di kereta dan tidak ada yang memberikan tempat duduk untuknya.

Seorang pengguna situs Quora mengungkap, walaupun masyarakat Jepang ramah tapi jangan kaget akan hal itu, karena lansia Jepang akan malu jika diberi prioritas tempat duduk.

Dituding Pembawa Virus Korona, Ternyata Daging Kelelawar Bisa Bikin Cerdas

Halaman: 
Penulis : Gun-Gun