logo


Kini Bikin PT Jadi Lebih Mudah Loh! Tinggal Klik

Anda perlu memilih konsultan yang benar-benar terdaftar pula di bidangnya.

21 Februari 2020 13:52 WIB

Ilustrasi rapat kantor
Ilustrasi rapat kantor Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anak milenial kini lebih senang kerja dengan waktu fleksibel. Tidak hanya soal waktu yang fleksibel, anak muda sekarang juga inginnya gaji besar dan pekerjaan yang tidak hanya duduk di kantor. Nah, untuk menjawab keinginan itu memang salah satunya adalah bikin perusahaan sendiri.

Membuat perusahaan sendiri kini lebih mudah dalam hal pengurusan izinnya. Semua serba online dan lebih praktis. Meski pembuatan PT online, tentu tidak akan mengurangi legitimasinya, sebaliknya kemudahan ini malah membuat suatu PT semakin legit, eksis, dikenal, baik oleh pemerintah sebagai pemberi izin juga masyarakat.

Saat ini memang eranya serba online, sehingga masyarakat perlu memanfaatkannya untuk membesarkan usahanya. Banyak usaha rumahan yang tidak memiliki legalitas meski sudah menggunakan platform digital. Namun dengan melegalkan usahanya dengan memiliki badan hukum akan memberikan keuntungan lebih banyak dibanding perusahaan keluarga yang dijalankan dalam cara yang masih tradisional serta tidak terdaftar dengan jelas.


Dunia Usaha Harus Proaktif Dukung Swasembada Pangan

Perusahaan keluarga seperti bisnis rumah tangga juga tidak memberikan penetrasi yang cukup kepada pasar. Karena pasar akan memperhatikan apakah suatu produk telah melewati berbagai izin sebelum dipasarkan, lalu apakah Anda bisa menjamin memenuhi target pasar yang lebih besar dengan keuntungan berlipat ganda.

Untuk membuat badan usahanya, banyak dari mereka yang tidak mampu melakukannya karena keterbatasan dalam izin usaha dari yang diperkenankan dalam usaha rumah tangga. Jika mereka menerobos segala aturan maka usaha rumah tangga akan cenderung ilegal. Memang mereka masih bisa menjalankan bisnis, tapi berdasarkan pengakuan sendiri berjalan tanpa jaminan rasa aman, di mana merk dagang yang didirikan pun bisa dianggap sebagai melanggar HAKI atau plagiasi.

Dokumen Resmi Yang Sulit Didapatkan
Di sinilah pentingnya Anda pun mendirikan perusahaan legal seperti PT. Meskipun dalam tahapan selanjutnya Anda akan mempelajari bahwa membuat PT ternyata tidak sederhana, karena Anda wajib mengurus izin dari mulai sisi Dokumen resmi pendirian usaha seperti :

1. Akta Pendirian Perseroan Terbatas
2. Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum
3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
4. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
5. Nomor Induk Berusaha (NIB)

Belum lagi izin lain terkait aset-aset perusahaan yang harus diurus dan dipisahkan agar lini usaha Anda aman dari kendala gugatan yang tidak diinginkan. Lalu pertanyaanya, mengapa seseorang atau mengikutsertakan bagian keluarga lainnya serta para kawan seiringnya, harus membuat perusahaan berizin, seperti PT untuk bisnis rumah tangganya? jawabannya banyak. Mendaftarkan usaha dengan upgrade menjadi PT sejatinya menawarkan banyak manfaat. Perusahaan yang lebih terdaftar akan menjadikan usahanya lebih legit, meningkatkan keaslian produk, hasil bisnis Anda, serta keuntungan lainnya yang antara lain :

1. Melindungi usaha dari tanggung jawab secara pribadi sekaligus melindungi dari risiko dan kerugian lainnya.
2. Menarik lebih banyak pelanggan dengan adanya merk yang terdaftar.
3. Lebih mudah mendapatkan modal dari bank serta lebih mudah mnedapatkan investasi yang lebih terjamin aman dari penipuan, dengan para investor yang sama-sama legit.
4. Menawarkan perlindungan dari pemerintah pada organ-organ perlindungan konsumen sekaligus untuk melindungi aset dan lini perusahaan Anda.
5. Kontribusi modal yang lebih besar dan stabilitas yang lebih besar bisa didapatkan dari tahun ke tahun perusahaan berjalan.
6. Meningkatkan potensi untuk tumbuh besar dan berkembang.

Apalagi dari sisi pemasaran serta tujuan-tujuan suatu perusahaan untuk berdiri. Dengan kata lain, era digital lebih mendekatkan Anda kepada penghasilan lebih besar, karena perusahaan terdaftar akan menambah kepercayaan diri para costumer dalam berinteraksi dengan produk Anda. Apalagi di era interaksi sosial yang cenderung mengalami peralihan budaya, karena, di mana sosial media memainkan peranan penting, usaha rumah tangga tidak lagi menjamin kestabilan, karena bisa mudah diserang legitimasinya. Begitu banyak usaha rumah tangga yang akhirnya mandek, dan bila bermasalah dengan konsumen akan tidak berdaya, karena mereka tidak memiliki legitimasi pada pengacara untuk membela diri, di mana produknya tidak terdaftar resmi.

Semuanya membutuhkan upgrade yang terlegitimasi agar usaha Anda berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itulah Anda perlu mendirikan perusahaan, di mulai dengan mendirikan perusahaan terbatas/PT. Pemerintah pun dengan penerbitan omnibus law akan mempermudah Anda dalam mendirikan bisnis sendiri, dari bisnis rumah tangga ke bisnis yang lebih profesional.

Pilih Saja Layanan Pembuatan PT Online

Namun, jika Anda tidak punya resource nya, tidak memiliki para ahli yang bisa mendaftarkan perusahaan baru Anda, maka yang terjadi adalah drag on atau perlambatan yang lambat laun akan membuat Anda frustasi dan akhirnya memutuskan tidak membuat perusahaan serta memilih produksi rumah tangga kecil-kecilan, ini tentunya sangat disayangkan, padahal kebutuhan ekspansi Anda kepada pasar lebih besar sangatlah penting.

Untuk itulah Anda perlu mempertimbangkan menyewa para ahli di bidang pengurusan PT. Jika tidak mudah mencarinya, Anda bisa menemukannya secara online seperti yang ditawarkan oleh Legistra.id. Di Legistra.id Anda akan melihat sendiri bahwa membuat perusahaan perseroan terbatas tidak semahal dari pengalaman orang yang mengurus sendiri membuat usaha. Kenapa bisa demikian? Karena Legistra telah berkerjasama dengan pihak profesional dalam pengurusan izin pendirian PT, yang terikat paruh perjanjian dengan Legistra.id, itulah yang membuatnya lebih murah dan cepat bagi Anda untuk membuat PT yang di idam-idamkan.

Kata kuncinya adalah kemudahan. Mudah, mudah, dan gampang. Tidak perlu mengkerutkan dahi memikirkan kapan izin tertentu keluar? Kapan izin yang satu lagi tiba? Terkadang untuk mempermudah pengurusan Anda akan menyiapkan uang lebih besar untuk menekan para pemberi izin, bahkan hingga membayar para calo tembak di tempat yang tidak menjamin ketersediaan dokumen dengan tepat waktu. Apalagi pekerjaan calo tembak adalah memanfaatkan kliennya agar mengeluarkan banyak uang untuk banyak hal yang seharusnya mudah dan murah.

Anda jangan sampai mengambil resiko semacam itu, karena itulah Anda perlu memilih konsultan yang benar-benar terdaftar pula di bidangnya. Keamanan dan kenyamanan itulah yang diberikan oleh Legistra.id. Selain itu dalam pengurusan paketan lainnya legistra memberikan pilihan untuk membuat template dokumen perjanjian, buat saya itu sangat membantum misalnya:

1. Perjanjian Pinjam Meminjam Uang
2. Perjanjian Sewa Menyewa
3. Perjanjian Distributor
4. Perjanjian Konsinyasi
5. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)
6. Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT)

Keuntungan paket lengkapnya :
Template:
1. Surat Perintah Kerja (SPK)
2. Perjanjian Jasa Pembuatan Website

Drafting dan Review:
1. Perjanjian antar Pemegang Saham
2. Hak Kekayaan Intelektual:
3. Pendaftaran Merek (1 Kelas Barang)

Secara Online:
1. Terms and Conditions
2. Privacy Policy
3. Disclaimer

Kelengkapan, integrasi, konsultasi, itulah yang menjadikannya mudah. Melalui jasa pembuatan PT online segala yang menghalangi, membuat lamban, serta menjadikannya tidak mudah akan lebih diatasi. Di era digital saat ini, memiliki konsultan online, dari sisi dokumen perusahaan tentunya hal yang tidak lagi sekedar mudah, tapi juga penting bagi Anda.

Tahun Depan, Pemerintah Bangun 47 Pembangkit Diesel

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan