logo


Kemhan Buka Pendaftaran Pelatihan Komcad, Apa Itu?

Direktur Jendral Potensi Pertahanan, Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Bondan Tiara Sofyan mengatakan bahwa Komcad bukanlah wajib militer namun diperuntukan untuk memperkuat komponen Tentara Nasional Indonesia (TNI).

20 Februari 2020 18:15 WIB

Direktur Jendral Potensi Pertahanan, Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Bondan Tiara Sofyan
Direktur Jendral Potensi Pertahanan, Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Bondan Tiara Sofyan dok jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jendral Potensi Pertahanan, Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Bondan Tiara Sofyan mengatakan bahwa Kemenhan tengah mematangkan penyelenggarakan pelatihan untuk komponen cadangan (Komcad).

Menurutnya Komcad ini bukan wajib militer namun diperuntukan untuk memperkuat komponen Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Penggunaan Komcab hanya mobilisasi bila negara dalam keadaan bahaya atau darurat dan dinyatakan presiden,” ujarnya di Gedung Kemenhan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).


Prabowo dan Sri Mulyani Jadi Menteri Terbaik, Begini Tanggapan Adjeng Ratna Suminar

Dia menjelaskan bahwa Komcad ini sifatnya sukarela. Dan semua warga negara yang berumur 18-35 tahun bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan Komcad selama tiga bulan.

“Pendaftaran dibuka sukarela untuk usia 18-35 tahun. Kalau bersedia ayo nanti kalau lulus ikut latihan tiga bulan dan setelah selesai kembali ke profesi awalnya,” jelas Bondan.

Menurutnya pada saat pelatihan, para peserta akan diberikan peralatan maupun pakaian dan akan dikembalikan setelah selesai mengikuti pelatihan tersebut.

“Nanti ada komandannya, ada latihan penyegaran secara reguler dan semua peralatan dan pakaian selama lantamil ketika selesai disimpan,” tuturnya.

“Nanti akan didapat keterampilan dasar militer. Uang saku terbatas, mendapatkan perlengkapan perorangan, jaminan kesehatan dan asuransi,” pungkasnya.

 

Sekjen Kemhan RI Hadiri Forum ADMM Retreat di Hanoi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia