logo


Adjeng Harap Penegakkan Hukum Pelaku Bullying Pertimbangkan Masa Depan Anak

Korban dan pelaku harus didampingi

19 Februari 2020 21:07 WIB

Mantan Anggota DPR RI, Adjeng Ratna Suminar
Mantan Anggota DPR RI, Adjeng Ratna Suminar Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Anggota DPR RI, Adjeng Ratna Suminar menyayangkan kembali terulangnya kasus pembullyan yang terjadi di kalangan siswa.

Kejadian paling anyar adalah kasus pembullyan siswa SMP yang terjadi di Purworejo. Video pemukulan dan kekerasan verbal terhadap seorang siswi tersebut viral dan telah mendapat respon dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Adjeng pun mengapresiasi respon cepat dari pemerintah daerah atas kejadian itu. Menurut Adjeng, kasus perundungan terhadap anak harus segera diselesaikan. Tidak hanya terhadap korban saja, kepada pelaku juga harus diperhatikan.


Dukung Jokowi, Adjeng Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS

"Menghadapi kasus yang melibatkan anak-anak di bawah umur tidak bisa disamakan dengan cara-cara penegakan hukum biasa. Sudah ada aturannya mengenai pelaku di bawah umur, itu yang harus diikuti," ujar Adjeng kepada wartawan, Rabu (19/2).

Adjeng yang juga Ketua Ikatan Alumni Lemhannas PPRA ke-41 ini menjelaskan, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menyelamatkan masa depan anak-anak tersebut baik pelaku maupun korban.

"Korban dan pelaku harus didampingi. Khusus bagi korban perlu adanya psikolog untuk menghilangkan trauma akibat dari kejadian tersebut," imbuh Adjeng.

Adjeng juga meminta pihak sekolah lebih memperhatikan lagi para siswa dalam bergaul. Jangan sampai kejadian pembullyan ini terus berlangsung dan mengorbankan banyak anak-anak Indonesia.

"Mari kita lawan bullying," pungkas Adjeng.

Adjeng Harap Perempuan dan Anak Eks ISIS Direhabilitasi

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan