logo


Jangan Asal Bangun Startup, Ini Tipsnya

Perlu adanya analisa bisnis untuk menghitung apakah bisnisnya punya harapan di masa depan.

19 Februari 2020 18:17 WIB

Founder ISED, Greorius Riyan Aditya
Founder ISED, Greorius Riyan Aditya Dok. Jitunews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Zaman milenial, makin banyak anak muda yang kaya mendadak karena sukses membangun startup. Hal tersebut memicu anak-anak muda lainnya untuk berbondong membangun startup. Sayangnya, bukan untung yang didapat malah rugi berlipat-lipat karena sudah mengeluarkan uang banyak.

Nah bagi kalian yang ngebet ingin membangun startup bisnis, jangan hanya asal bangun saja, perlu adanya analisa bisnis untuk menghitung apakah bisnisnya punya harapan di masa depan atau tidak.

Founder ISED, Greorius Riyan Aditya, membagikan tips-tipsnya bagi yang ingin mendirikan startup. Riyan begitu sapaan akrabnya, membongkar strategi membangun dan mengembangkan startup pada workshop yang digelar oleh Institute for Social, Economic, and Digital (ISED) hari ini, Rabu (19/2).


62 Pelaku Ekraf Menerima Dana Bantuan Insentif Pemerintah 2019

Menurut Riyan, dalam membangun startup yang terpenting adalah memiliki produk yang diterima di pasar.

"Jadi sebelum menjual produk, sebelum investasi banyak-banyak kita perlu tahu apa pandangan konsumen dulu, apakah produk kita menyelesaikan masalah bagi konsumen atau tidak," ujar Riyan.

Pelaku startup perlu untuk membuat prototipe produknya dulu sebelum dilepas ke pasar. Biarkan pasar yang menentukan apakah produk tersebut bakal diterima atau tidak, sambil terus diperbaiki sampai sempurna.

Riyan menjelaskan, Indonesia memiliki pasar yang bagus bagi pelaki startup. Hal itu terbukti dari sudah adanya beberapa unicorn yang muncul dan tumbuh di Indonesia.

"Orang Indonesia konsumtif, jadi ecomers itu sangat pesat perkembangannya di Indonesia. Yang sulit itu bidang teknologi, kita belum terlalu tahu tentang teknologi," pungkasnya.

Kominfo Fokus Ciptakan 1000 Startup Digital, Hingga Fokus Bangun Infrastruktur Digital di Daerah 3T

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan