logo


Bikin Kopi Ganja, Eks Kepala BNN: Saya Kira Ini Perpaduan yang Baik

"Saya kira ini perpaduan yang baik. Para penikmat kopi pasti tau kualitas kedua kopi tersebut," kata Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso.

19 Februari 2020 14:00 WIB

Direktur Utama Bulog Budi Waseso di acara Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 di Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN), Cigombong, Kabupaten Bogor, Kamis (12/7).
Direktur Utama Bulog Budi Waseso di acara Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 di Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN), Cigombong, Kabupaten Bogor, Kamis (12/7). Republika/Zahrotul Oktaviani

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso menyarankan untuk mengganti kebiasaan petani ganja untuk beralih menanam kopi. Pasalnya, kopi dinilai lebih bermanfaat daripada ganja. Terlebih, ketinggian daerah yang biasanya digunakan untuk menanam ganja (sekitar 1.200-1.400 mdpl) sangat cocok untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas.

"Ide ini saya peroleh usai bertolak ke Kolombia untuk mencari cara menangani narkotika. Saya mau buat alternative development, tidak bisa ganja, harus berubah, karena ganja kurang bermanfaat. Salah satunya dari Kolombia mengatakan kopi. Karena ketinggian 1.200-1.400 meter itu bagus untuk kopi dan hasilnya berkualitas," kata Buwas di kantornya, Jakarta, Rabu (19/2).

Mantan Kepala BNN tersebut menceritakan bahwa ia pernah merealisasikan ide tersebut.


Soal Usulan Ganja Jadi Komoditas, PPP: Bertentangan dengan Islam

"Akhirnya program membuat kopi saya laksanakan di Aceh dibantu teman-teman BNN. Akhirnya di situ pendek cerita saya berhasil melaksanakan alternatif perkebunan ganja dengan tanaman kopi," ujarnya.

Bahkan ia memadukan campuran antara kopi Gayo Aceh dengan kopi Jawa, yang ia namai dengan kopi ganja (Gayo dan Jawa). Ia menilai perpaduan kedua jenis kopi tersebut memiliki kualitas yang sangat bagus.

"Saya kira ini perpaduan yang baik. Para penikmat kopi pasti tau kualitas kedua kopi tersebut," ungkapnya.

Ingin Selamatkan Generasi Muda, PKS Usulkan Ganja Jadi Komoditas Ekspor

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia