logo


Cegah Konflik Kepentingan, DPR Minta Nadiem Berikan Penjelasan Terkait Pembayaran GoPay

Aggota DPR mendukung inovasi Nadiem terkait pembayaran SPP melalui Gopay

19 Februari 2020 08:56 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira menyoroti inovasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang akan menggunakan GoPay untuk pembayaran SPP. Ia mendukung inovasi tersebut, namun perlu diberikan penjelasan agar tidak menimbulkan konflik kepentingan.

"Persoalannya, apakah ini tidak menjadi conflict of interest dari menteri yang  notabane adalah pemegang saham dari bisnis online tersebut? Saya kira pada aspek ini mas Nadiem perlu menjelaskan kepada publik agar tidak menjadi isu atau polemik," ujar Andreas kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).

Andreas mendukung masuknya bisnis startup di dunia pendidikan. Mengingat selama ini terdapat kebocoran-kebocoran dalam pembayaran pendidikan. Namun ia meminta agar berimbang dan netral.


Nadiem Makarim Perketat Aturan Pencairan Dana BOS

"Bahwa GoPay atau jenis transaksi online yang lainnya hanyalah alat bantu untuk memudahkan lalu lintas transaksi agar lebih cepat, lebih mudah, transparan dan akuntabel. Tentu ini yang diharapkan terjadi," ujarnya.

Menurutnya tidak hanya pembayaran SPP saja yang bisa menggunakan transaksi online. Kedepannya tidak menutup kemungkinan belanja kebutuhan sekolah dengan dana BOS bisa menggunakan trasaksi online.

Kekerasan Seksual dan Radikalisme di Sekolah, Nadiem: Seharusnya Ada Kartu Merah

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati