logo


Soal Penolakan Pembangunan Gereja di Balai Karimun, Ini Kata Bamsoet

Dia menekankan agar seluruh kepala daerah di Indonesia agar tidak mengorbankan kemajemukan di daerahnya

18 Februari 2020 20:39 WIB

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) ikut angkat suara menyikapi adanya penolakan pembangunan gereja Santo Joseph di Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Dia menekankan agar seluruh kepala daerah di Indonesia agar tidak mengorbankan kemajemukan di daerahnya masing-masing hanya karena kepentingan elektoral Pilkada, mengingat tugas kepala daerah adalah menegakkan Pancasila dan Kebhinnekaan sebagai dasar dan semboyan bernegara.

“Saya mendorong kepada kepala daerah terkait agar mengimbau seluruh warga untuk tetap menjaga kondusivitas daerah, mengingat saat ini masih menunggu putusan peradilan tata usaha negara,” ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (18/2/2020).


Dikira Teror, Ini Motif Pemuda Bakar Gereja

Politisi Partai Golkar ini juga meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk selalu mengedepankan komunikasi dan persetujuan dengan pemuka agama terkait, apabila akan membangun rumah ibadah.

“Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9 Tahun 2006 dan No. 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadat,” jelas Bamsoet.

FJI Protes Gereja di Mall, Abu Janda: Panjang Jenggot Rada Oon

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan