logo


Manfaat Jitu Dari Tanaman Nusa Indah Putih

Tanaman ini memiliki kandungan kimia pada bagian daunnya berupa B-sitosterol

26 Maret 2015 16:24 WIB

Salah satu jenis tanaman hias yang terkadang tumbuh liar pada lereng bukit dan semak-semak. FOTO: ISTIMEWA
Salah satu jenis tanaman hias yang terkadang tumbuh liar pada lereng bukit dan semak-semak. FOTO: ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Nusa indah putih adalah salah satu jenis tanaman hias yang terkadang tumbuh liar pada lereng bukit dan semak-semak. Perdu dengan ranting yang menaik, tinggi 1-2 cm, cabang kecil ditumbuhi rambut halus. Daunnya tunggal, bertangkai dengan daun penumpu, bentuk daun bulat telur, letak berhadapan berseling, ujung dan pangkal daun runcing, tepi rata, tulang daun menyirip, berambut halus, panjang 5-8 cm sedangkan lebar 2-3,5 cm.

Bunga majemuk, tumbuh diujung tangkai, karangan bunga berbentuk payung, bunganya kecil berbentuk terompet, warnanya kuning, panjang 2 cm dengan daun pelindung berwarna putih. Buahnya buah buni, bentuk bulat memanjang, dengan panjang 8-10 mm dan lebar 6-7,5 mm. tanaman ini memiliki rasa sedikit manis, agak pahit, sejuk pada bagian batangnya, dan sangat  berkhasiat sebagai penurun panas (antipiretik), membersihkan darah, antiradang (antiinflamasi), menetralisasi racun dan melancarkan peredaran darah. Selain itu tanaman ini juga memiliki kandungan kimia pada bagian daunnya berupa B-sitosterol. Batang mengandung B-stigmasterol, arjunolic acid.

Berikut adalah khasiat jitu dari tanaman nusa indah putih untuk membantu kesehatan yaitu :


Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

  • Bisul :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan tumbuhan nusa indah putih segar, kemudian dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus lalu ditempelkan pada bagian yang terkena bisul.

  • Diare akut, disentri :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 30-60 gram batang dan daun segar nusa indah putih, yang dicuci bersih dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

  • Radang usus :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 30 gram batang nusa indah putih, 10 buah lengkeng dan 30 gram sambiloto, kemudian tambahkan gula batu secukupnya lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, setelah dingin airnya  diminum.

  • Keracunan makanan :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan daun segar setelah dicuci bersih ditumbuk, lalu perasannya diminum atau daun tersebut direbus dengan air secukupnya, disaring dan diminum airnya.

  • Demam, pingsan karena udara sangat panas :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 12 gram batang nusa indah putih kering, 5 gram terung ungu, 5 gram daun menthol kering, diseduh dengan air panas lalu diminum.

  • Radang ginjal :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 30 gram batang  dan akar nusa indah putih, 25 gram meniran, 30 gram sambiloto, 60 gram akar alang-alang, kemudian rebus semua bahan tersebut dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu saring dan diminum airnya.

  • Buang air kecil sedikit atau tidak lancer :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 30 gram batang nusa indah putih, 30 gram meniran 30 gram daun sendok, kemudian direbus denga air secukupnya, lalu saring dan diminum airnya.

  • Radang saluran napas, sakit tenggorokan :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 gram batang nusa indah putih, 75 gram lidah buaya, 5 gram kulit jeruk mandarin/keprok kering  atau 10 gram yang segar, 10 gram kencur, kemudian rebus semua bahan dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

  • Amandel, influenza, radang saluran napas :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 30 gram tumbuhan nusa indah putih, 75 gram kaktus gepeng yang telah dikupas kulitnya, 3 iris jahe, kemudian rebus semuanya dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

  • Pendarahan pada kandungan :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 gram batang tumbuhan nusa indah putih, 1 buah kesemek segar atau kering, tetapi jika tidak ada kesemek dapat diganti dengan 200 gram akar rimpang teratai, kemudian direbus dengan air secukupnya, disaring lalu diminum airnya, sedangkan kesemek dan akar rimpang teratainya dapat dimakan.

  • Mencegah dan mengatasi kanker payudara :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15-30 gram batang nusa indah putih kering atau 30-60 gram yang segar dan 30 gram herba tapak dara direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya (tetap konsultasi ke dokter).

  • Radang mata merah :

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 30-60 gram akar nusa indah putih, bunga krisan secukupnya (dapat dibeli ditoko obat Thionghoa dengan nama chi hua), kemudian tambahkan air secukupnya, lalu ditim atau dikukus dan diminum airnya secara rutin.

Obat Tetes Mata Herbal dari Bunga Kitolod

Halaman: 
Penulis : Riana