logo


DPR Minta Pemerintah Libatkan Masyarakat Lokal dalam Pemindahan Ibu Kota

Anggota DPD RI, I Agustin Teras Narang meminta pemerintah untuk turut melibatkan masyarakat lokal dalam rencana pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur

18 Februari 2020 16:30 WIB

Anggota DPD RI, I Agustin Teras Narang
Anggota DPD RI, I Agustin Teras Narang istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota DPD RI, I Agustin Teras Narang mengatakan masyarakat lokal harus dilibatkan dalam rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur pada tahun 2024. Hal itu dilakukan agar masyarakat lokal tidak hanya menjadi penonton.

Menurutnya semua pihak harus komitmen jika ingin pemindahan IKN dapat terwujud pada tahun 2024 mendatang.

“Saya melihat adanya keterbatasan waktu jika mau mewujudkan pemindahan IKN ke Kaltim pada 2024 nanti. Saat ini kami ingin tahu sejauh mana Kementerian PUPR telah mempersiapkan segala proses untuk pembangunan IKN tersebut,” ujar Teras Narang dalam Rapat Dengar Pendapat antara Komite I DPD RI dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan Pemenang Desain IKN dari Urban+ di Ruang Rapat Komite I DPD RI di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (18/2/2020).


Gerindra Sebut Omnibus Law Ingin Ambil Alih Fungsi Legislatif

Menanggapi hal tersebut, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan bahwa Kementrian PUPR melalui Pokja Penyiapan Infrastruktur IKN sudah menyusun kajian konsep desain IKN dengan mempelajari berbagai negara yang melakukan pemindahan ibu kota.

“Rencana yang dikejar pada tahun 2024 pindah nanti adalah zona inti pusat pemerintahan yaitu, Istana Kepresidenan, Legislatif, Yudikatif dan sarana infrastruktur dasar penunjang lainnya,” kata Danis.

Sri Mulyani Ancam Bakal Tarik Suntikan Modal ke BPJS Kesehatan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia