logo


Menteri Sosial Sebut 30 Juta Masyarakat Non-Miskin Nikmati Subsidi BPJS

"Jadi dari 98,6 juta penerima PBI JKN, posisinya masih 30 juta yang tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial," kata Mensos Juliari Batubara

18 Februari 2020 15:10 WIB

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara
Menteri Sosial Juliari Peter Batubara Jitunews/Denys

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengungkapkan bahwa berdasarkan data Kementerian Sosial, ada 30 juta Penerima Bantuan Iuran (PBI) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Diketahui DTKS merupakan data masyarakat prasejahtera atau masyarakat miskin, sehingga masyarakat yang tidak termasuk dalam DTKS bukan termasuk masyarakat miskin.

"Jadi dari 98,6 juta penerima PBI JKN, posisinya masih 30 juta yang tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial, jadi cukup besar," katanya, Selasa (18/2).


Sepi Turis, Pemerintah Beri Subsidi Bagi Pelaku Usaha Pariwisata, Diskon Tiket Pesawat?

Menteri Sosial menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah mengevaluasi data tersebut. Namun, karena jumlah data yang harus dikroscek sangat besar, proses tersebut tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Oleh karenanya, Ia meminta pemerintah daerah untuk segera mengirimkan usulan nama warga yang layak untuk dimasukkan kedalam DTKS.

"Jadi prosesnya dari pemerintah kabupaten dan kota kirimkan usulan ke Kemensos untuk dimasukkan dalam DTKS sehingga kami tetapkan sebagai DTKS," paparnya.

Sesalkan Peserta BPJS yang Meninggal di RSUAM, DPR: Ini Sangat Tidak Manusiawi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia