logo


Dukung Bayar Iuran SPP Lewat Go-Pay, DPR: Transparan dan Akuntabel

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDI-P Andreas Hugo Pariera mendukung adanya sistem pembayaran iuran sekolah lewat Go-Pay

18 Februari 2020 12:53 WIB

Go-Pay
Go-Pay istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDI-P Andreas Hugo Pariera mendukung adanya fitur Go-Pay pada aplikasi Go-Jek untuk digunakan dalam pembayaran uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Sekolah. Ia memandang sistem pembayaran tersebut lebih mudah dipantau dan akuntabel.

"Go-Pay atau jenis transaksi online yang lainnya hanyalah alat bantu untuk memudahkan lalu lintas transaksi agar lebih cepat, lebih mudah, transparan dan akuntabel. Tentu ini yang diharapkan terjadi," kata Andres kepada wartawan, Selasa (18/2).

Ia menilai penggunaan Go-Pay untuk membayar SPP Sekolah dapat mencegah potensi kebocoran yang terjadi pada arus pembayaran di bidang pendidikan. Ia bahkan menyarankan agar sistem tersebut juga dapat diaplikasikan dalam pendistribusian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).


Kekerasan Seksual dan Radikalisme di Sekolah, Nadiem: Seharusnya Ada Kartu Merah

"Karena selama ini faktor kebocoran-kebocoran yang terjadi di dalam arus pembayaran dan belanja di dunia pendidikan diduga cukup besar," ujar dia.

"Sehingga sekolah tidak harus menerima BOS dalam bentuk fresh money, tetapi langsung menerima dalam bentuk barang sesuai kebutuhan dari dana yang direncanakan melalui penggunaan BOS," lanjut Andreas.

Diberitakan sebelumnya, melalui aplikasi Go-jek dalam fitur Go-Bills, para orang tua wali murid kini dapat membayar biaya pendidikan seperti buku, seragam, SPP, dll.

Kemendikbud Minta Pemda Awasi Secara Ketat Aksi Bullying di Sekolah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia