logo


Target Penurunan Kemiskinan 2024, Bamsoet Dorong Pemerintah Tingkatkan Ekonomi Pedesaan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah untuk fokus dalam pengembangan ekonomi di kawasan pedesaan.

17 Februari 2020 18:00 WIB

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah untuk melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di setiap daerah dengan menemukan potensi ekonomi di setiap daerah masing-masing.

Menurutnya hal itu dilakukan agar pemerintah dapat mengejar target dalam menurunkan angka keimiskinan 6,5 persen pada 2024.

“Ini perlu dilakukan, mengingat pertumbuhan ekonomi hanya terjadi di desa atau daerah perlintasan yang telah memiliki kegiatan ekonomi berupa produksi, perdagangan, dan manufaktur, sehingga dapat berdampak pada meningkatnya ketimpangan antara desa dan kota,” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (17/2/2020).


Pemerintah Fokus Pengembangan Ekonomi di Natuna

Politisi Partai Golkar ini juga menyarankan Pemerintah untuk dapat mengembangkan kawasan-kawasan terpadu di desa-desa menjadi pusat kegiatan yang dapat menopang produksi dan menyerap tenaga kerja untuk menekan angka kemiskinan dan ketimpangan.

Selain itu, Bamsoet mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Balai Latihan Kerja (BLK), bersama Kementerian/Lembaga juga perlu didorong untuk dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja, terutama kepada masyarakat di daerah perdesaan, seperti dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat desa agar memiliki keahlian dan keterampilan untuk bekerja sesuai dengan bidang yang diminati.

“Sehingga kualitas dan kesempatan ekonomi masyarakat desa tidak timpang dengan masyarakat kota,” kata Bamsoet.

Tak hanya itu, Bamsoet juga mendorong Pemerintah untuk fokus mengatasi masalah kemiskinan di perdesaan, salah satunya dengan mengoptimalkan penyaluran dana desa, meningkatkan bantuan pangan nontunai, meningkatkan infrastruktur di pedesaan, mendorong peningkatan produktivitas pertanian dan memperluas jaringan maupun akses internet ke desa-desa, sehingga masyarakat desa juga update terhadap teknologi.

“Saya juga mendorong Pemerintah untuk secara keseluruhan memperbaiki iklim bisnis, aturan hukum, tata kelola utang, dan produktivitas-produktivitas yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menekan rasio ketimpangan antara masyarakat desa dengan kota,” pungkasnya.

Bamsoet Tegaskan Keluarga Pejabat Tak Boleh Gunakan Fasilitas Negara untuk Kepentingan Pilkada

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia