logo


Pramono Anung Larang Jokowi ke Kediri, Politisi Gerindra: Dia Masih Percaya Pada Klenik

Politisi Partai Gerindra, Muhammad Syafi’i menilai Sekretaris Kabinet Pramono Anung sebagai orang yang masih percaya klenik, lantaran menyarankan Jokowi untuk tak mengunjungi Kediri.

17 Februari 2020 17:06 WIB

Politisi Gerindra, Muhammad Syafi\'i
Politisi Gerindra, Muhammad Syafi'i istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politisi Partai Gerindra, Muhammad Syafi’i menilai Sekretaris Kabinet Pramono Anung adalah orang yang mewakili komunitas pemercaya hal-hal mistis (klenik) di Indonesia.

Diketahui Sekretaris Kabinet Pramono Anung tak menyarankan Presiden Jokowi pergi ke Kediri. Pasalnya, mitos yang berkembang bagi Pesiden RI yang menginjakkan kaki ke Kediri akan lengser.

“Ada pakar, saya lupa namanya yang mengatakan bahwa salah satu ciri bangsa kita adalah percaya klenik. Berarti Pramono Anung itu termasuk mewakili komunitas itu. Dia masih percaya pada klenik,” ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/2/2020).


Prabowo Menteri Terbaik, PDIP: Jokowi Orang yang Selalu Tepat

Pria yang akrab disapa Romo Syafii ini tidak setuju dengan anggapan banyak pihak jika pernyataan Pramono soal klenik adalah upaya untuk menjauhkan Jokowi dari pesantren.

“Kalau itu sangat mudah menepisnya, karena pesantren nggak cuma di Lirboyo. Kalau ke Lirboyo tapi tidak mampir ke pesantren, stigma itu bisa kita terima. Ini kan pesantrennya ada dimana-mana. Jadi saya kurang sependapat seperti itu,” tuturnya.

“Tapi kalau Pramono Anung percaya pada klenik dia memang mewakili salah satu ciri bangsa kita. Bangsa kita kan percaya ramalan-ramalan. Makanya kadang-kadang pilihannya gak rasional sesuai ramalan,” tukasnya.

Soal Kepuasan Masyarakat Terhadap Jokowi-Ma'ruf, Moeldoko: Bukan Superman

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia
 
×
×