logo


Harga Masker Melambung, Menkes Terawan: Tidak Perlu Pakai Masker

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan kenaikan harga masker disebabkan karena pemintaan barang yang tinggi

17 Februari 2020 16:15 WIB

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto indozone

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta masyarakat yang sehat tak perlu menggunakan masker, terlebih saat berada di tempat-tempat yang tak terlalu beresiko tertular penyakit. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengurangi permintaan terhadap masker yang akan mempengaruhi harga barang tersebut di pasaran.

"Karena itu, saya menekankan. Dari WHO mengatakan, yang pakai itu yang sakit, termasuk kamu pas batuk. Yang kedua, yang pakai adalah yang bekerja di tempat risiko tinggi, seperti rumah sakit dengan infeksi (virus corona)," ujar Terawan di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (17/2/2020).

"Jadi semua di tempat berisiko baru pakai masker. Yang tidak berisiko, masyarakat sehat, ya tidak perlu pakai masker," lanjut dia.


Suskes Jadi Tempat Observasi Virus Corona, Bupati Natuna Minta Ini ke Pemerintah Pusat

Ia menjelaskan jika permintaan masker naik, maka harga jual juga akan mengalami kenaikan meski pemerintah memberlakukan aturan pembatasan harga.

"Pasar akan bermain biar kita cegah pakai apa pun. Pasar akan bermain. Istilahnya pakai peraturan apa tetap tidak bisa karena pasar tetap bermain," lanjutnya.

Banyak Pihak yang Tak Percaya Indonesia 'Kebal' Virus Corona, Dahlan Iskan: Reputasi Kita Memang Belum Tinggi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia