logo


ILC TVOne Akan Dilaporkan ke KPI dan Dewan Pers

Pihak ILC TVOne harus meminta maaf kepada marga Masiku lantaran mengangkat tema "Masiku, Lenyap Ditelan Angin" pada Selasa, 28 Januari 2020 yang lalu.

17 Februari 2020 12:15 WIB

Karni Ilyas
Karni Ilyas Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Beberapa orang yang memiliki nama marga Masiku berencana untuk melaporkan tayangan Indonesia Lawyer Club ke Dewan Pers dan Komisi Penyiaran Indonesia jika pihak TVOne tidak meminta maaf atas acara yang disiarkan pada Selasa (28/1) lalu.

"Saya baru menyampaikannya via Twitter ILC, tapi sampai sekarang belum ada respon, nanti saya akan bersurat langsung ke tvOne, kalau tidak ada respons juga kami akan ke KPI dan Dewan Pers," ujarnya.

Salah seorang diantaranya, Anselmus AR Masiku, memprotes tema yang diangkat oleh tayangan ILC pada waktu itu yakni "Masiku, Lenyap Ditelan Angin". Ia menilai tema tersebut menyinggung orang yang memiliki nama marga yang berasal dari Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.


Tak Mau Intervensi Kasus Harun Masiku, BIN Sebut Hanya Bekerja untuk Kepentingan Negara, Bukan Pribadi atau Golongan

"Tema ini dapat saja diframing, seolah mengatakan bahwa Masiku melakukan tindak pidana korupsi, nama Masiku bukanlah hanya digunakan oleh seorang bernama Harun Masiku, tetapi juga digunakan oleh banyak orang yang memiliki hubungan keluarga dengan Harun Masiku, semua pengguna nama Masiku masih memiliki hubungan keluarga," kata Anselmus dikutip dari Suara.com, Senin (17/2).

Bahkan, ia juga akan membawa ILC ke gugatan perdata di pengadilan jika pihak TVOne tak kunjung merespon mereka.

"Kami tahu alurnya, kalau KPI, Dewan Pers tak juga menemukan solusi maka ya gugatan perdata," tegas Anselmus.

BIN Enggan Ikut Campur Kasus Harun Masiku, Ini Tanggapan KPK

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia