logo


Dinilai Rendahkan Martabat Perempuan, Anggota DPR Kecam Foto Mahasiswi Blur

Jamah Muslim Geografi UGM mengunggah foto mahasiswi yang di-blur sedangkan foto mahasiswa tidak di-blur yang kemudian viral

14 Februari 2020 15:34 WIB

Anggota Komisi VIII DPR, Ina Amania
Anggota Komisi VIII DPR, Ina Amania istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi VIII DPR, Ina Amania kesal dengan postingan Jamaah Muslim Geografi (JMG) UGM di akun Twitternya @JMG_UGM yang menyamarkan muka pengurusnya karena seorang mahasiswi.

Ina Amania menilai bahwa tindakan Jamaah Muslim Geografi itu telah merendahkan martabat seorang perempuan.

"Jangan rendahkan martabat perempuan begitu dong, kampus perlu tindak tegas. Tidak ada pembenaran bagi tindakan membatasi akses perempuan di ruang publik," ujar Ina di Jakarta, Jumat (14/2/2020).


Sesalkan Peserta BPJS yang Meninggal di RSUAM, DPR: Ini Sangat Tidak Manusiawi

Politikus PDIP ini juga menilai bahwa jika hal seperti ini dibiarkan, dampaknya akan sangat berbahaya.

"Sekarang yang mencuat foto diblur, sehabis ini apa? Perempuan tidak boleh berbicara di muka umum? Tidak boleh akses jabatan publik? Diskriminasi itu namanya,” kata Ina.

“Saya minta Kampus menindak dong, jangan jadi preseden buruk untuk HAM. Hak kita semua sama dilindungi Undang-Undang," imbuhnya.

Dalam hal ini, Ina berharap masyarakat bisa aware terhadap isu gender seperti ini.

"Masyarakat harus juga kritis, kita harus jaga prinsip kesetaraan gender ini bareng-bareng. Jangan cuek dengan hak kita sebagai warga negara," pungkasnya.

Sebelumnya, Akun Twitternya @JMG_UGM ramai dibicarakan di media sosial. Sebab dalam postingan tersebut, foto mahasiswi yang menjadi pengurus JMG UGM disamarkan alias di-blur, sedangkan foto pengurus laki-laki tidak di-blur.

Heboh Perkelahian Dua Guru di Medan, DPR Desak Pelaku Diberi Sangsi Keras

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Trisna Susilowati