logo


Polemik Agama Musuh Pancasila, Moeldoko: Bukan Seperti Itu Maksudnya

"Beliau itu intelektual dan agamanya juga tinggi. Jadi mesti kita lihat dengan jernih. Jangan dijustifikasi," kata Moeldoko.

13 Februari 2020 21:15 WIB

Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko
Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Staf Presiden Moeldoko menanggapi secara santai pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang menyebut agama merupakan musuh Pancasila.

"Ya, bisa saja yang memaknainya yang salah. Padahal bukan seperti itu maksudnya," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (13/2).

Ia meminta semua pihak untuk tidak menghakimi Yudian, ia menilai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut merupakan sosok dengan tingkat intelektual tinggi dan religius.


Polemik Agama Musuh Pancasila, FPI: BPIP Ini Harus Segera Dibubarkan

"Beliau itu intelektual dan agamanya juga tinggi. Jadi mesti kita lihat dengan jernih. Jangan dijustifikasi," katanya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyebut bahwa ada kelompok yang ingin mereduksi agama sesuai kepentingan pihaknya, namun tidak sesuai dengan nilai Pancasila.

"Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan," kata Yudian.

Soal Musuh Besar Pancasila Adalah Agama, PKS: Tidak Pantas Dikatakan oleh Siapapun

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia