logo


Sesalkan Peserta BPJS yang Meninggal di RSUAM, DPR: Ini Sangat Tidak Manusiawi

Anggota DPR sebut peristiwa meninggalnya peserta BPJS adalah pelanggaran hak rakyat

13 Februari 2020 19:07 WIB

Kartu BPJS Kesehatan
Kartu BPJS Kesehatan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati menyesalkan peristiwa seorang pasien peserta BPJS yang meninggal di Selasar RSU Abdoel Moelok (RSUAM) yang tersebar dalam sebuah video dan menjadi viral.
 
Mufida mengatakan peristiwa ini dinilai sebagai pelanggaran atas hak rakyat mendapatkan pelayanan kesehatan dari negara.
 
"Ini sangat tidak manusiawi. Kejadian ini jelas bertentangan dengan UUD RI Tahun 1945 dan nilai-nilai Pancasila," tegas Mufida, Kamis (13/2/2020).
 
Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini meminta pemerintah mengusut tuntas.
 
"Harus ada pemberian sanksi secara tegas kepada semua pihak yang bertanggung jawab. BPJS Kesehatan juga harus ikut bertanggung jawab dalam kejadian ini," tambah Mufida.
 
Mufida menilai dengan kenaikan iuran, seharusnya pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS ditingkatkan. Bukan justru malah merugikan masyarakat.
 
Mufida juga menekankan pentingnya pemerintah dan pihak Rumah Sakit untuk segera mengevaluasi manajemen penanganan pasien secara komprehensif dan detail. Peningkatan kualitas pelayanan RS kepada pasien agar tidak terulang lagi kejadian serupa juga harus dilakukan.
 
"Dari peristiwa ini terlihat buruknya SOP penanganan pasien. Ini harus diperbaiki. Kalau SOP berjalan baik, harusnya tidak sampai ada pasien terlantar," tukasnya.

Sindir Pernyataan Kepala BPIP, DPR Sebut Musuh Terbesar Pancasila Adalah Koruptor Bukan Agama

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Trisna Susilowati