logo


Gaji UMR? Siapa Bilang Gak Bisa Investasi, Yuk Lihat Tips Ini

Tips Investasi untuk yang bergaji UMR

13 Februari 2020 17:50 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Saat ini sudah banyak kaum milenial yang mulai berinvestasi untuk masa depan. Mereka sisihkan gaji untuk menyiapkan masa pensiun atapun untuk menyiapkan kebutuhan lain di masa depan. Namun bagaimana dengan anda yang memiliki gaji UMR (Upah Minimum Regional). Tak perlu khawatir, dengan gaji UMR anda juga bisa berinvestasi.

Anda bisa memulai investasi dengan cara menentukan tujuan. Tujuan tersebut harus disesuaikan dengan kondisi awal keuangan. Anda tak perlu memaksakan harus investasi dengan jumlah yang besar.

“Tentukan tujuan investasinya, apalagi dia pas-pasan ya. Uangnya kan terbatas, jadi ya memang perlu diprioritaskan, atau kita pilih mana yang terlebih dahulu mau kita capai,” jelas Perancana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini Sutikno seperti dilansir Kumparan, Rabu (12/2/2020).


Hindari 3 Hal Ini Agar Jadwal Bangun Pagimu Tak Berantakan

Setelah menentukan tujuan investasi, langkah selanjutnya yaitu dengan menyisihkan 10 persen dari gaji anda. Kedepannya bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan apabila memang ada peningkatan gaji.

“Misal kalau gaji Rp 3,7 juta lah, UMR, berarti kita kan mungkin sebagai awal permulaan bisa 10 persen dari gaji kita itu Rp 370 ribu. Kalau kita nabung Rp 370 ribu dengan uang segitu kita bisa apa, tujuan keuangan apa yang bisa kita capai gitu,” lanjut Mike.

Mike juga menyarankan agar berinvestasi sedini mungkin. Dengan menentukan jangka waktu investasi maka tujuan lebih mudah tercapai.

“Jangan telat, nunggu sampai kita udah tua gitu. Kita harus sejak muda, sejak pertama kali kerja, sehingga kita bisa ngejar,” tuturnya.

Hal yang terpenting dalam berinvestasi adalah kedisiplinan. Pilihlah investasi yang tidak memberatkan kondisi keuangan sehingga anda tetap bisa konsisten.

“Orang itu kadang-kadang suka enggak disiplin gitu. Karena itu supaya disiplin mungkin kita bisa lakukan setoran investasi yang tidak terlalu memberatkan. Jadi dengan jumlah yang kita masih mampu, kemudian juga mungkin kita buat otomatis ya,” pungkas Mike.

Bingung Cari Pengasuh untuk Anak? Stafsus Milenial Angkie Yudistia Berikan Tips Ini

Halaman: