logo


Tak Main-Main ini 7 Keuntungan Jadi Pegawai Negeri Sipil

Kepastian kenaikan gaji, tunjangan di hari tua dan keamanan finansial adalah beberapa keuntungan jadi Pegawai Negeri Sipil yang membuatnya jadi idaman banyak orang.

15 Februari 2020 09:30 WIB

pns
pns jawa pos

JAKARTA - JITUNEWS.COM - Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah idaman setiap orang. Kenaikan gaji yang pasti serta tunjangan yang besar menjadi daya tarik utama mengapa tiap tahunnya ada jutaan calon pelamar PNS. Pada pembukaan Calon PNS (CPNS) 2019 saja Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mencatat jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mencapai Lebih dari 5 Juta orang.

Jika kamu adalah tipe orang yang mendambakan keamanan finansial dan jaminan hari tua yang dijamin negara, menjadi PNS wajib hukumnya. Atau masih belum tertarik menjadi PNS karena merasa bakal menghambat passion? Simak 7 keuntungan jadi Pegawai Negeri Sipil di bawah ini maka kamu akan mulai berubah pikiran.

Manfaat dan Keuntungan Jadi Pegawai Negeri Sipil


Ketua Komisi KPK Usul Penghapusan Honor Perjalanan Dinas PNS: Jadi Kemana pun Mereka Pergi, Sudah Enggak Terima

Kenaikan Gaji yang Pasti
Alasan utama mengapa proses CPNS selalu diburu oleh jutaan pelamar adalah ini, karena PNS selalu mengalami kenaikan gaji meskipun beberapa formasi kenaikannya tidak signifikan. Namun tetap besarannya akan disesuaikan dengan laju inflasi. Jika dipukul rata dalam 10 tahun masa kerja setidaknya para PNS akan mengalami kenaikan gaji 6x belum termasuk gaji ke-13, Tunjangan Hari Raya (THR). Khusus bagi PNS Pemerintah Provinsi (Pemprov), mereka juga dijamin dengan TKD yakni Tunjangan Kinerja Daerah.

Masa Tua yang Nyaman
Perbedaan paling mencolok dari PNS dengan pekerja swasta adalah adanya dana pensiun hingga menutup mata, yang akan dibayarkan setiap bulan layaknya gaji. Besarannya mungkin lebih kecil dibanding gaji bulanan yang biasa diterima namun terbilang cukup untuk menghidupi dua orang. Sebenarnya jika dana pensiun yang membuat kamu begitu iri dengan PNS, ada cara lain untuk mendapatkan manfaat serupa.

Yakni membeli produk asuransi jiwa di Futuready.com. Proteksi untuk jiwa ini mirip dengan dana pensiun yang akan menanggung hidup pemegang polis di usia sejak biasanya maksimal hingga berusia 100 tahun. Jika kamu membeli proteksi ini sejak usia 20-an, kemungkinan premi yang dibayar ringan, karena jangka pembayarannya bisa mencapai 20-30 tahun atau ketika memasuki masa pensiun.


Banjir Beasiswa

Keuntungan jadi pegawai negeri sipil juga terasa sampai ke aspek pendidikan. Jangan kira para PNS tidak punya kebebasan melanjutkan study ke jenjang lebih tinggi seperti pegawai swasta. Sebab para PNS justru punya kesempatan lebih luas untuk menerima beasiswa baik di dalam maupun luar negeri. Hanya saja biasanya jurusan yang diambil harus sesuai dengan bidang kerja, bukan karena alasan ingin mengembangkan minat dan bakat saja.


Kemudahan Pengajuan Kredit Perumahan Rakyat (KPR)

Sekarang ini harga properti semakin melejit, untuk bisa membeli sebuah rumah setidaknya kita harus menyiapkan uang muka 30% dari total harga rumah. Jumlah ini tentunya sangat memberatkan terutama bagi mereka yang berpendapatan pas-pasan. Namun disinilah salah satu keuntungan menjadi Pegawai Negeri Sipil yang sering membuat iri.

Sebab pemerintah memberikan fasilitas bantuan uang muka (DP 0%), serta tabungan perumahan. Fasilitas ini dapat digunakan untuk pembelian rumah komersil seharga Rp 300 - 400 jutaan, dengan tenor hingga 30 tahun. Sementara KPR konvensional untuk karyawan swasta maksimal berada di angka 20 tahun, itupun dengan bunga cukup berat, dengan beragam biaya-biaya lain yang tidak ringan.


Aman dari Pemecatan

Keuntungan jadi pegawai negeri sipil lainnya adalah posisi yang aman. PNS tidak akan mengalami pemecatan, hanya ada mutasi atau pemindahan wilayah kerja saja. Karena itu setiap pekerja dapat bernapas lega dan tak perlu memikirkan masa depan keluarga jika dipecat. Resiko terburuk yang akan dialami seorang PNS hanyalah turun jabatan.

Memang ada beberapa kasus “dipecat secara tidak hormat”, namun biasanya ini berhubungan dengan tindakan ilegal seperti pencurian dan perampokan. Beda dengan karyawan swasta yang menghadapi resiko pemecatan kapan saja, bahkan untuk kasus seperti sering terlambat masuk kantor. Hal lebih buruk bahkan bisa dialami jika kondisi ekonomi dalam negeri sedang memburuk. Pemecatan tanpa pesangon seringkali jadi momok paling menakutkan buat para pekerja swasta.


Banyak Tunjangan

Bila melihat angka atau besaran gaji para PNS sebenarnya terbilang kecil, untuk golongan terendah yakni Golongan I gaji pokoknya hanya Rp 1.560.800 untuk masa kerja 0 tahun dan Rp 2.335.800 untuk masa kerja 26 tahun. Sementara untuk golongan tertinggi yakni Golongan IV besaran gaji terendah adalah Rp 3.044.300 untuk masa kerja 0 tahun dan Rp 5.000.000 untuk masa kerja 32 tahun.

Namun tunjangan yang didapat bisa melebihi gaji pokok, setidaknya ada 10 jenis tunjangan yang didapat para PNS yakni :
- Tunjangan keluarga
- Tunjangan anak
- Tunjangan kemahalan setempat
- Tunjangan kemahalan umum
- Tunjangan tanggung jawab keuangan
- Tunjangan perwakilan
- Tunjangan gaji dan tunjangan bagi ujian dinas
- Tunjangan jabatan dan uang pengganti
- Tunjangan bahaya
- Tunjangan-tunjangan lain

Waktu Luang yang Lebih Banyak

Rata-rata Kantor Pemerintahan tidak memberlakukan jam lembur, hampir semua pegawai negeri selalu pulang tepat pukul 5 atau 6. Jam kerja para pegawai jadi lebih teratur dengan minimnya target, sehingga kualitas hidup PNS juga terbilang lebih baik dengan adanya waktu istirahat yang cukup. Selain itu PNS juga tidak diharuskan membawa pulang pekerjaan ke rumah, sehingga para pegawai punya lebih banyak waktu luang untuk mengembangkan diri di bidang lain misalnya membuka bisnis baru atau mengikuti kursus-kursus tertentu.

Itulah 7 keuntungan jadi pegawai negeri sipil di Indonesia. Berbagai tunjangan yang menggiurkan tak ayal membuat jutaan warga Indonesia setiap tahunnya mengincar satu kursi CPNS. Namun untuk menjadi seorang PNS juga tidak mudah, karena ada berbagai tes berat yang menanti. Jika ingin menjadi pegawai pemerintah kamu harus mempersiapkan diri sejak dini misalnya dengan mengikuti kursus tes CPNS.

Jika masih gagal menembus tes CPNS coba ubah mindsetmu, kesejahteraan tidak melulu hanya milik para pegawai negeri, kamu juga bisa menciptakan hidup yang nyaman di masa kini dan hari tua bisa diciptakan dengan mengatur kondisi finansial sejak muda.

BKN: Bagi PNS Terdampak Banjir Dapat Ajukan Cuti

Halaman: 
Penulis : Meiliyah