logo


Estimasi Biaya Perbaikan Kendaraan Akibat Banjir

Estimasi Biaya Perbaikan Kendaraan Akibat Banjir meliputi biaya penggantian spare part dan perbaikan yang jika ditotal bisa mencapai Rp 70 jutaan per-mobil.

14 Februari 2020 11:54 WIB

Mobil hanyut terbawa banjir
Mobil hanyut terbawa banjir detik.com

JAKARTA - JITUNEWS.COM - Bencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 meninggalkan banyak kerugian materil. Rumah rusak, hilangnya barang berharga sampai kendaraan hanyut menjadi salah satu kerugian yang tidak ditanggung pemerintah. Alhasil warga terdampak banjir harus mengeluarkan kocek ekstra untuk menanggung segala kerusakan.

Dari beberapa kerugian, biaya perbaikan kendaraan akibat banjir khususnya mobil bisa dibilang jadi pengeluaran yang besar. Sebab estimasi biaya perbaikan kendaraan akibat banjir tidak main-main, yakni bisa sampai puluhan juta rupiah tergantung tingkat kerusakan dan kualitas mobil itu sendiri. Estimasi biaya perbaikan kendaraan akibat banjir ini dipengaruhi beberapa faktor seperti kerusakan eksterior, interior, mesin dan kaki-kaki.

3 Bagian Penting Mobil yang Sering Rusak Akibat Banjir
Pada sebuah mobil yang terendam banjir biasanya ada tiga bagian yang cepat mengalami kerusakan, baik diakibatkan lumpur, air maupun gesekan atau tubrukan dengan benda sekitar. Ketiganya yakni bagian eksterior, interior dan mesin. Selain itu tingkat kerusakan yang berbeda juga berimbas pada cara perbaikan yang berbeda.


Siagakan Petugas dan Alat, Anies Baswedan Pastikan Bisa Kendalikan Banjir

Setidaknya estimasi biaya perbaikan kendaraan akibat banjir dibagi dalam tiga level. Level Lite (ringan) yang paling rendah saat air masuk interior dan hanya membasahi karpet dasar. Kedua, Level Medium (menengah) saat air telah menyentuh bagian jok, door trim, hingga dasbor dan Level Hard (berat) ketika seluruh bagian interior basah atau telah menyentuh plafon mobil.

Biasanya bengkel-bengkel melakukan pembagian kelas mobil berdasarkan tipe dan ukuran, sehingga proses perbaikan bisa dilakukan secara detail dan sempurna. Bagian yang paling membutuhkan waktu dan konsentrasi dalam pengerjaannya adalah pembersihan jok. Sebab salah ketika jok dibersihkan dengan tidak sempurna dapat mendatangkan jamur yang menyebabkan bau pada jok.

Biaya Perbaikan Eksterior Kendaraan
Body mobil atau eksterior ini menjadi bagian yang paling terlihat jelas kerusakannya. Saat mobil terendam banjir kerusakan yang terjadi pada tubuh mobil biasanya berupa goresan atau bagian spion yang patah. Menghitung biaya perbaikannya mengacu pada jenis mobil dan ketersediaan spare part.

Misalnya untuk biaya kerusakan berupa baret bisa menghabiskan lebih dari Rp 200,000 belum lagi kerusakan pada wiper atau spion yang membutuhkan penggantian, dengan besaran dana hingga ratusan ribu. Kasusnya akan berbeda jika tipe mobil yang dimiliki masih jarang di Indonesia, maka akan berpengaruh pada harga spare partnya yang mahal dan jarang ketersediaanya karena harus membeli dari toko di luar negeri.

Bagian eksterior ini juga meliputi kaki-kaki yang tidak murah, terutama untuk mobil yang sudah menggunakan teknologi pengereman Auto Brake System (ABS). Teknologi ini hanya ada pada mobil-mobil modern namun tiap mobil punya banderol ABS yang berbeda. Misalnya untuk Yaris yang harga ABS nya mencapai Rp 350 ribuan, Jazz Rp 700 ribuan, sedangkan Innova bisa Rp 1,2 juta.

Biaya Perbaikan Interior Kendaraan
Tahukah Anda jika kerusakan pada mobil yang terendam banjir lebih banyak disebabkan oleh lumpur? Lumpur yang tertinggal di dalam mobil ini masuk ke dalam interior, ruang mesin, dan mengotori seluruh bagian mobil. Karena itu setiap bagian wajib dibongkar untuk memastikan tidak ada lumpur yang tertinggal sebab bisa menimbulkan jamur dan korosi.

Mengenai bagian interior mobil, estimasi biaya perbaikan kendaraan akibat banjir yang paling menyita adalah penggantian kursi dan jok. Sebab kursi mobil ini harga satuannya tergolong mahal hingga jutaan rupiah. Jok mobil pun demikian, harganya cukup tinggi jika memilih jok berbahan dasar kulit asli.

Sebagai perbandingan, jok berbahan kulit sintetis dibanderol mulai dari Rp 2,5 juta untuk dua baris kursi depan dan Rp 3,5 juta untuk baris kursi belakang. Total untuk estimasi biaya perbaikan jok bisa lebih dari Rp 6 juta.

Biaya Perbaikan Mesin Akibat Banjir
Mesin jadi sisi yang paling memakan biaya, sebab kerusakan mesin akibat air ini sangat fatal yakni bisa menyebabkan mesin panas. Salah satu bagian mesin mobil yang paling rentan rusak adalah ECU atau electronic control unit. ECU inilah yang sering menyebabkan mobil mengalami konsleting listrik bahkan dalam keadaan mesin mati. ECU juga bisa menghantarkan arus listrik sehingga membahayakan orang-orang di sekeliling mobil.

Namun biaya perbaikan komponen ini juga tidak murah. ECU untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 1.300 cc lansiran 2004-2006 misalnya dijual berkisar Rp 2,8 jutaan, ECU Toyota Corolla Altis dijual Rp 14 jutaan , ECU untuk BMW dijual Rp 20-25 jutaan, itu pun belum tentu tersedia di tiap bengkel. Bengkel seringkali memesan dulu lewat pasar online, yang menyebabkan waktu perbaikan jadi lebih lama.

Kemudian kompartemen lain yang cukup mahal adalah relay integration. Untuk mobil Avanza dan Xenia, relay ini dihargai Rp 850 ribu, Relay central lock Rp 350 ribu, relay lampu Rp 150 ribu, sensor VVT-i Rp 400 ribuan, throttle body Rp1,3 juta, sensor oksigen Rp 350 ribu. Jika ditotal untuk biaya penggantian mesin saja bisa lebih dari Rp 20 jutaan.

Biaya perbaikan yang umum berlaku di bengkel-bengkel sekitar Jakarta adalah :
- Tipe A (untuk mobil-mobil mewah seperti Alphard, Land Cruiser, Mercedes-Benz dan lain-lain), Lite = Rp 3,5 juta; Medium = Rp 5,8 juta; Hard = Rp 6,7 juta .
- Tipe B (untuk mobil-mobil kelas menengah seperti Accord, Camry, Fortuner, Pajero Sport dan lain-lain), Lite = Rp 2,9 juta; Medium = Rp 5 juta; Hard = Rp 5,9 juta
- Tipe C (untuk mobil-mobil MPV dan city car seperti Avanza, Innova, Xpander, Calya, Ayla, Brio, Vios, Jazz, dan lain-lain), Lite = Rp 2,2 juta; Medium = Rp 3,6 juta; Hard = Rp 4,5 juta

Seluruh biaya ini belum termasuk penggantian spare part yang bisa saja bernilai puluhan juta bila stoknya tidak berada di Indonesia. Melihat estimasi biaya perbaikan kendaraan akibat banjir yang begitu besar tentu membuat pusing kepala bukan?

Sebenarnya jika mobil Anda diproteksi dengan asuransi hal seperti ini tidak akan terjadi. Sebab proteksi kendaraan yang ditambah dengan perluasan akan memberikan klaim yang sepadan, tentunya sesuai dengan jenis perlindungan yang dipilih. Coba bandingkan asuransi kendaraan di Futuready.com dan pilihlah yang menurut Anda paling pas di hati.

Gelar Ngopi Bareng, FOSR Gambarkan Solo yang ‘Adem-Ayem’

Halaman: 
Penulis : Meiliyah