logo


Panen 9,9 Ton/Ha dengan Padi Hibrida

Padi Mapan P-05 banyak digemari petani asal Bengkulu

26 Maret 2015 13:43 WIB

Padi (ISTIMEWA)
Padi (ISTIMEWA)

BENGKULU, JITUNEWS.COM- Salah satu jenis tanaman padi hibrida dengan produktifitas tinggi adalah Mapan P-05. Bahkan, hal tersebut sudah dibuktikan oleh para petani asal Bengkulu. Mereka menyatakan, setelah mengenal dan menanam padi hibrida Mapan P-05, terasa lebih produktif dibanding jenis padi lainnya.

Buktinya, setelah menanam Mapan P-05 di lahan seluas 4.000 meter persegi, petani mendapatkan hasil panen sebanyak 53 karung. Dimana dalam 1 karung berisi sekira 75 kg gabah. Sehingga jika ditotal, berat gabah yang didapat petani 3.975 kg.   

Padahal biasanya, bila menanam dengan benih lain di lahan seluas 5.000 meter persegi, petanin hanya mendapatkan 30 karung, dengan perlakuan pemeliharaan yang hampir sama. Yang mana dalam 1 karung bobot gabah yang didapat hanya 65 kg. Jika dikalkulasikan, untuk luas lahan sebesar 1 ha, petani hanya mendapat gabah kering panen dengan bobot sekira 5-6 ton. Sementara, dengan Mapan P-05 bisa mencapai 9,9 ton/ha.


Ganjar Pranowo Akan Coba Aplikasi Nelayan Pintar

Keunggulan Mapan P-05 dari segi produktifitas, ternyata membuat petani Bengkulu berkeyakinan untuk terus menanam jenis padi hibrida tersebut. Tak hanya memiliki produktifitas yang tinggi, pada hibrida ini juga memiliki kelebihan lain. Yakni menghasilkan cita rasa nasi yang enak dan pulen.

Bagi Marjoko supervisor padi Mapan P-05 wilayah Bengkulu, ia merasa senang karena para petani yang diajaknya bekerja sama, merasa puas dengan padi jenis tersebut. Bahkan hanya dari mulut ke mulut saja, padi jenis ini sudah mulai banyak dikenal oleh petani-petani di Bengkulu.

Mahasiswa IPB Ciptakan Robot untuk Bantu Pekerjaan Petani

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro