logo


Anies Gelontorkan Dana Rp 37,4 Miliar untuk Beli Robot Damkar, Kadin PKP: Jangan Sampai Digunakan Deh

Robot Damkar digunakan untuk area MRT dan LRT serta lokasi-lokasi yang berbahaya

12 Februari 2020 17:46 WIB

Robot pemadam kebakaran milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Robot pemadam kebakaran milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta instagram/jakfire

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) telah membeli robot pemadam kebakaran dari Kroasia. Harganya pun cukup fantastis yaitu Rp 37,4 miliar.

Kepala Dinas PKP DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menyampaikan bahwa robot damkar tersebut digunakan untuk area terowongan MRT, LRT dan area lainnya yang berbahaya jika dijangkau manusia.

"Kita kan menghadapi LRT dan MRT itu kebakaran saat penyelamatan dia masuk dalam gorong-gorong. Dia untuk keamanan anggota. Perlu peralatan anggota perlu robotik dikontrol dari luar," kata Satriadi di Jakarta, Rabu (12/2/2020).


Lokasi Belum Jelas, Pemprov DKI Sebut Infrastruktur Lintasan Formula E Rampung Bulan April

"Untuk kebutuhan sifatnya kebakaran kimia, di tempat yang memang berisiko tinggi. Bensin kan berisiko kalau anggota masuk ke dalam. Dikontrol dari jauh, keamanan petugas prioritas dari kami," tambahnya.

Meski harga robot damkar terbilang mahal, namun pihaknya enggan menggunakannya. Ia berharap kebakaran tidak akan terjadi. "Kalau lihat barangnya pasti mahal. Terutama lihat fungsinya. Belum (digunakan), jangan sampai digunakan deh," pungkasnya.

Tetap Gelar Formula E, Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Berharap Cuan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×