logo


Karena Hal Ini, MUI Desak Jokowi Pecat Kepala BPIP

Menurutnya, pemahaman kepala BPIP soal pancasila sangat membahayakan

12 Februari 2020 11:48 WIB

Sekretaris Jenderal MUI pusat, Anwar Abbas
Sekretaris Jenderal MUI pusat, Anwar Abbas Republika

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas angkat suara terkait pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang menyebut agama sebagai musuh terbesar Pancasila.

Menurutnya, hal yang disampaikan itu sangat tidak tepat. Maka dari itu, Abbas mendesak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mencopot Yudian yang baru saja dilantik itu.

"Kalau benar beliau punya pandangan seperti itu maka tindakan presiden yang paling tepat untuk beliau adalah yang bersangkutan dipecat tidak dengan hormat," kata Abbas, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (12/2).


WNI Eks ISIS Tak Dipulangkan, Sekjen MUI: Pemerintah Jangan Pukul Rata

Pemikiran dan pemahaman Yudian tentang Pancasila, menurut Abbas, dapat mengancam keberadaan negara. Ia menilai pemahaman rakyat Indonesia tentang Pancasila akan sulit terwujud jika pimpinan BPIP memiliki cara pandang yang membahayakan.

"Lalu timbul pertanyaan kalau agama harus diberangus lalu sila pertama dari Pancasila tersebut mau dikemanakan. Dibuang? Kalau dibuang berarti tidak Pancasila lagi dan berarti negara ini bubar," tukasnya.

Mahfud MD Anggap Sampah Dokumen Veronica Koman Tentang Data Korban Sipil Konflik Papua

Halaman: 
Penulis : Iskandar