logo


Melalui PKH dan BPNT, Indonesia Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

Jumlah penduduk miskin di Indonesia pada September 2019 sebesar 9,22 persen turun 0,44 persen dari September 2018.

11 Februari 2020 18:01 WIB

Sekretaris Jendral Kementrian Sosial (Kemensos), Hartono Laras
Sekretaris Jendral Kementrian Sosial (Kemensos), Hartono Laras jitunews/Khairulanwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jendral Kementrian Sosial (Kemensos), Hartono Laras mengatakan bahwa jumlah penduduk miskin di Indonesia telah menurun. Menurutnya jumlah penduduk miskin di Indonesia pada September 2019 sebesar 9,22 persen menurun 0,44 persen dari September 2018.

“Saya sampaikan adalah bahwa penduduk miskin kita itu menurun kalau kita banding September 2018 masih 9,66 persen tahun 2019 bulan September menurun menjadi 9,22 persen,” ujar Hartono Laras usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Dia menyebut menurunnya penduduk miskin di Indonesia tak lepas dari berbagai program yang ada di Kementrian Sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH) serta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).


Duta Muda Asean Publikasikan Program Kesejahteraan Sosial

“Ini salah satu andil atau kontribusi karena antara lain cakupan belanja 40 persen dari program-program itu,” kata Hartono Laras.

“Oleh karena itu tadi disampaikan oleh DPR untuk terus mengoptimalkan program terkait dengan pengulangan kemiskinan disamping itu juga rehabilitasi sosial,” pungkasnya.

Mensos Juliari Tekan Angka Kemiskinan Hingga di Bawah 9%

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Trisna Susilowati