logo


Menteri Perindustrian Kunjungi SMK-SMTI Makassar

SMK-SMTI Makassar, sebagai satker pendidikan vokasi di bawah naungan Kementerian Perindustrian menjadi salah satu pionir perkembangan industri di Indonesia.

11 Februari 2020 13:42 WIB

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang bersama-siswa siswi SMK-SMTI Makassar
Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang bersama-siswa siswi SMK-SMTI Makassar Ist

MAKASSAR, JITUNEWS.COM - Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang beserta rombongan datang mengunjungi SMK-SMTI Makassar pada hari Rabu, 10 Februari 2020. Kedatangan Agus Gumiwang ke SMK-SMTI Makassar merupakan penutup dari rangkaian acara kunjungan industri di Sulawesi Selatan khususnya satker di bawah naungan Kementerian Perindustrian RI.

Walaupun wilayah Makassar sedang diguyur hujan yang cukup lebat, hal itu tidak memadamkan rasa semangat para pegawai SMK-SMTI Makassar yang menantikan kedatangan Bapak Menteri. Agus beserta rombongan tiba sekitar pukul tiga waktu setempat. Pertama-tama, ia mengunjungi kelas untuk meninjau proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Para siswa yang sedang mengikuti pembelajaran sangat antusias dengan kehadiran Bapak Menteri dan mereka pun berfoto bersama.


SMK-SMTI Makassar Luluskan 166 Siswa yang 100% Tersertifikasi

Kegiatan selanjutnya adalah kunjungan ke Laboratorium Operasi Teknik Kimia. Di sana Agus meninjau kegiatan di dalam laboratorium beserta alat-alat yang terdapat di dalamnya. Sambil menggunakan payung, Agus pun melanjutkan perjalanannya ke Laboratorium Mekatronika. Agus meninjau secara langsung kegiatan belajar mengajar yang tengah berlangsung.

Agus juga sempat bertanya mengenai alat-alat praktik yang terdapat di dalam laboratorium, di antaranya yaitu alat MS-6300 Mecathronics Training System, alat yang menggunakan sistem produksi modular yang terdiri dari 6 station yang bervariasi. Siswa dapat mempelajari tahapan proses feeding, processing, dan assembling dengan menggunakan alat tersebut. Selain itu, Agus juga meninjau alat YL-335B automatic production line trainer. Alat sistem produksi berbasis elektropneumatic dan servo motor. Siswa mendapatkan tiga kompetensi dari alat ini, yaitu mechanical, di mana siswa diajarkan cara merakit alat, electrical, di mana siswa bisa memasang wiring kabel dan tubing, dan programs, siswa diajarkan cara memprogram alat produksi memakai diagram ladder PLC.

Alat-alat berbasis Internet of Things (IoT) ini berguna untuk menyiapkan bekal siswa-siswi SMK-SMTI Makassar dalam menyongsong perkembangan industri di Indonesia. Hal ini menjadi prioritas utama SMK-SMTI Makassar untuk menyiapkan tenaga kerja industri yang kreatif, inovatif, dan siap kerja.

SMK-SMTI Makassar, sebagai satker pendidikan vokasi di bawah naungan Kementerian Perindustrian menjadi salah satu pionir perkembangan industri di Indonesia. Semua alat yang digunakan di laboratorium telah berbasis IoT dan menopang revolusi industri 4.0.

Kunjungan pun diakhiri dengan berfoto bersama Menteri Perindustrian, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Ir. Achmad Sigit Dwiwahjono, M.PP., Direktur Jenderal ILMATE, Ir. Harjanto, M. Eng., serta Kepala BPSDMI, dan beserta siswa dan pegawai SMK-SMTI Makassar.

Canggih! Siswa SMK-SMTI Makassar Ujian Pakai Android

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan