logo


Soal Pemulangan Eks ISIS, Nabil: Prioritasnya Kita Tidak Mengorbankan Kedamaian Rakyat Banyak

Gus Nabil mengatakan perlu dilakukan kajian mendalam

10 Februari 2020 20:00 WIB

Muchamad Nabil Haroen
Muchamad Nabil Haroen Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota MPR Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen menilai perlu dilakukan kajian mendalam terkait pemulangan WNI eks kombatan ISIS ke Indonesia.

"Lepas dari pro dan kontra, saya perlu mengingatkan kembali jangan gegabah dan perlu kajian mendalam,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Senin (10/2/2020).

Menurutnya saat ini ada sekitar 600 WNI eks kombatan ISIS yang masih terkatung-katung di luar negeri. Setelah ISIS tumbang, nasib kombatan yang memperjuangkan ISIS juga mengalami ketidakjelasan.


Ketua DPR Sebut Rakyat Rindu Parlemen yang Menangis dan Tertawa Bersama Rakyat

Pria yang akrab disapa Gus Nabil ini mengatakan kajian mendalam itu penting dilakukan untuk mengkaji sejumlah hal seperti kadar radikalisme, latar belakang politik dan ideologi eks kombatan tersebut.

"Tak itu saja, sosio-politiknya harus dikaji. Tentu saja, ada perbedaan perlakuan terhadap anak-anak dan perempuan. Intinya, kita harus tahu bagaimana indeks radikalismenya," tuturnya.

Untuk mengkaji hal tersebut, Gus Nabil menegaskan perlu adanya koordinasi lebih jauh antara Kementrian Luar Negeri, Kemenkumham, Kementrian Agama dan institusi terkait untuk mengambil langkah preventif.

Virus Corona Bukan Faktor Utama, PDIP Ungkap Alasan Utama Menipisnya Stok Bawang Putih,

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata