logo


Soal Virus Corona, WHO Sampai Khawatirkan Indonesia Karena Hal Ini

Pemerintah RI belum melaporkan satu kasus pun terkait korban terjangkit virus corona

10 Februari 2020 15:33 WIB

kompas internasional

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku khawatir dengan persiapan Indonesia dalam menghadapi wabah Virus Corona.

Perwakilan WHO untuk Indonesia, Dokter Navaratnasamy Paranietharan mengungkapkan bahwa rasa was-was itu timbul lantaran Indonesia diduga belum bisa mendeteksi virus tersebut mengingat belum melaporkan satu kasus pun.

Padahal, negara tetangga seperti Singapura, Filipina, Malaysia, Australia, Vietnam, dan Kamboja sudah mengonfirmasi sejumlah kasus virus corona yang terjadi di negara mereka.


Tanggapi Wacana Pemulangan WNI eks-ISIS, Puan: Apakah Mereka Masih Mengakui Sebagai Warga Negara Indonesia?

"Kami (WHO) khawatir karena Indonesia belum melaporkan satu kasus virus corona yang terkonfirmasi," kata Paranietharan di Jakarta, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Senin (10/2).

Sebelumnya, pihak WHO telah meminta pemerintah Indonesia agar meningkatkan sistem pengawasan, pemantauan, sistem deteksi, dan persiapan lainnya di setiap fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk menangani virus corona.

"Indonesia tengah melakukan persiapan untuk menghadapi kemungkinan penyebaran virus corona. WHO dan Kementerian Kesehatan RI juga terus berkoordinasi. Pemerintah RI juga mulai menyebarkan informasi terkait virus ini kepada publik dalam beberapa hari terakhir," ujar Paranietharan.

Soal Corona Masuk Batam. Ini Jawaban Kocak Luhut

Halaman: 
Penulis : Iskandar