logo


Sempat Tak Diberi Izin Gelar Formula E, Anies Kini Sudah Dapat Lampu Hijau dari Setneg

Gelaran Formula E di kawasan Monas sempat mendapatkan penolakan dari Kementerian Sekretariat Negara

10 Februari 2020 10:25 WIB

Anies Baswedan ungkapkan penyesalannya di pelantikan Wali Kota baru Jakarta Utara, selasa (3/9).
Anies Baswedan ungkapkan penyesalannya di pelantikan Wali Kota baru Jakarta Utara, selasa (3/9). Detik News

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Sekretariat Negara sekaligus Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka pada akhirnya mengeluarkan izin bagi Pemprov DKI Jakarta untuk menyelenggarakan Formula E di kawasan Monas.

Padahal, sebelumnya Pemprov DKI tak mendapatkan izin untuk menggelar Formula E di kawasan tersebut. Keputusan itu diambil karena mempertimbangkan cagar budaya di Monas.

"Prinsipnya Komisi Pengarah menyetujui Formula E di Kawasan Taman Medan Merdeka," ujar Sekretaris Kemensetneg Setya Utama, dilansir dari CNN Indonesia, Senin (10/2).


Siagakan Petugas dan Alat, Anies Baswedan Pastikan Bisa Kendalikan Banjir

Gelaran formula E itu memeroleh izin berdasarkan surat Komisi Pengarah tanggal 7 Februari 2020 yang ditandatangani Mensesneg Pratikno.

Dalam surat tersebut, Komisi Pengarah menyatakan menyetujui penyelenggaraan Formula E 2020 di Kawasan Medan Merdeka.

Beberapa hal yang harus dipatuhi oleh pemprov DKI yakni dalam merencanakan konstruksi lintasan tribun penonton dan fasilitas lainnya harus dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, antara lain UU No 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.

Pemprov DKI juga dituntut harus menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pohon, dan kebersihan lingkungan di kawasan Medan Merdeka.

Selain itu, Pemprov DKI harus memastikan keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Medan Merdeka serta melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.

Setya menuturkan Pemprov DKI semestinya mematuhi sejumlah hal telah dijelaskan dalam surat tersebut jika ingin menggelar Formula E.

"Harus memperhatikan dan mematuhi peraturan perundang-undangan antara lain UU Cagar Budaya," jelasnya.

Harga Sembako Naik, Anies Baswedan: Negara Datang dengan Membawa Pasokan Tambahan

Halaman: 
Penulis : Iskandar