logo


Stop! Kebiasaan Menggoyang Tangki Saat Isi Bahan Bakar Sangat Berbahaya

Kebiasaan mengoyang tangki saat sedang mengisi bahan bakar dapat menimbulkan potensi kebakaran

6 Februari 2020 20:15 WIB

Ilustrasi Isi bensin
Ilustrasi Isi bensin carmudi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sering kita jumpai kebiasaan menggoyang tangki sepeda motor atau kendaraan lain saat tengah mengisi bahan bakar di pom bensin. Banyak sekali yang beranggapan bahwa kebiasaan tersebut membuat tangki dapat terisi secara maksimal lantaran semua udara di dalam keluar. Faktanya, tidak demikian.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, sebenarnya hal tersebut tidak berpengaruh sama sekali mengingat bentuk tangki didesain tanpa sekat yang otomatis ketika bahan bakar cair seperti bensin, solar dan sejenisnya akan langsung turun kebawah dan mengisi ruangan.

Kebiasaan tersebut justru memiliki potensi bahaya karena goyangan tersebut kemungkinan membuat nozzle atau pompa bensin bergesekan dengan dinding tangki. Gesekan tersebut berpotensi menghasilkan suatu aliran listrik statis yang dapat dengan mudah membakar bahan bakar yang tengah diisikan.


Mantap! Beli Bensin Dapat Hadiah Mobil Lewat Program Berbagi Berkah MyPertamina 2020 (BBM 2020).

Sehingga, bisa dibilang kebiasaan menggoyang-goyang mobil atau sepeda motor saat mengisi bahan bakar merupakan tindakan yang berpotensi bahaya.

Fakta One Piece: Tak Hanya 'Si Topi Jerami', Ini 6 Julukan Luffy yang Tak Kalah Keren!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia