logo


Luas Karhutla Naik, Jokowi: Apa Kurang yang Dicopot? Apa Kurang Persiapan?

Jokowi mengingatkan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis agar tak segan mencopot jajarannya yang tak dapat mengatasi Karhutla

6 Februari 2020 15:15 WIB

dok sekretariat Presiden

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Presiden Joko Widodo menyinggung soal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang semakin besar setiap tahunnya. Padahal, karhutla sudah berhasil dikurangi menjadi 150 ribu hektare pada 2017. Jumlah itu sangat jauh lebih baik dari karhutla terbesar 2015 yang menghanguskan 2,5 juta hektare lahan.

Menurut Jokowi, perlu kesiapan dan perencanaan yang matang untuk menghadapi peristiwa rutin tahunan ini.

"Ini ada apa? Sudah bagus-bagus 150 (ribu hektare) kok naik lagi? 2019 naik lagi jadi 1,5 (juta hektare). Ini apa lagi? Apa kurang yang dicopot? Apa kurang persiapan?" kata Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (6/2).


Luas Hutan dan Lahan Terbakar Bertambah, Jokowi: Apa Kurang yang Dicopot?

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali mengingatkan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis agar tak segan mendepak anak buahnya yang tak bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

"Aturannya saya ulang, khusus TNI/Polri yang wilayahnya ada kebakaran besar, hati-hati. Tegas saya sampaikan, pasti saya telepon ke Panglima, Kapolri, kalau ada kebakaran di wilayah kecil kemudian agak membesar, saya tanya Kapolda, Pangdam, Kapolres, Dandim-nya sudah dicopot belum," ujarnya.

Soal WNI Eks ISIS Pulang ke Indonesia, Jokowi: Saya Akan Bilang Tidak

Halaman: 
Penulis : Iskandar