logo


Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja BNPB

seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama, bersinergi

5 Februari 2020 11:08 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo Ist

BOGOR, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo kemarin, Selasa (4/2), menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2020 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baik di pusat maupun daerah atas kerja keras dan kesiapsiagaannya dalam menyelamatkan dan meringankan beban korban bencana.

Pada kesempatan itu juga, mantan Walikota Solo tersebut meminta seluruh instansi baik pemerintah pusat dan daerah untuk bersinergi dalam menghadapi bencana.


Agar Disegani Negara Lain, Luhut Ingin Indonesia Punya Nuklir

Setidaknya ada 5 perintah Presiden Jokowi kepada berbagai lembaga dari pusat hingga daerah, serta lembaga yang berkaitan dengan penanganan bencana seperti Basarnas, TNI, Polri hingga Pramuka.

"Pertama, seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama, bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan. Pemerintah daerah perlu melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana. Sigap terhadap potensi ancaman bahaya sesuai dengan karakteristik wilayah, baik geologi, vulkanologi, limbah, hidrometeorologi, biologi, pencemaran lingkungan," ujar Presiden Jokowi.

Perintah yang kedua adalah menyusun rencana kontijensi. Setiap gubernur, bupati dan walikota harus segera menyusun rencana kontinjensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat betul-betul dilaksanakan semua pihak dan harus siap menangani bencana secara tuntas.

Perintah ketiga adalah pendekatan kolaboratif dan melibatkan
pentahelix. Penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif, ‘Pentahelix’ yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat, serta
dukungan media massa untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada publik.

Perintah keempat yaitu meningkatkan kepemimipinan dan sumber
daya manusia. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus
meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan sumberdaya manusia yang handal dalam penanggulangan bencana, penataan kelembagaan yang
mumpuni, termasuk program dan anggaran yang harus ditingkatkan sesuai prioritas RPJMN 2020-2024.

"Yang terakhir TNI Dan Polri mendukung upaya penanggulangan. Panglima TNI dan Kapolri untuk turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum. Pengerahan dan dukungan secara nasional hingga ke tataran daerah yang dapat bersinergi dengan baik
bersama pemerintah pusat dan daerah," pungkas Jokowi.

Beri Tips Tanam Vetiver Demi Cegah Longsor, Jokowi: Jangan Urusan Fisiknya Saja yang Diurusi

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan