logo


Persoalan Jokowi Tak Ditilang, MK Beri Pujian ke 2 Mahasiswa Penggugat

2 mahasiswa menyoalkan Jokowi yang tidak ditilang padahal tidak menyalakan lampu sepeda motor

5 Februari 2020 10:16 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang gugatan terkait lampu sepeda motor harus menyala di siang hari. Gugatan tersebut diajukan oleh mahasiswa UKI Jakarta, Eliadi Hulu dan Ruben Saputra, yang menyoalkan soal Presiden Joko Widodo tidak ditilang karena tidak menyalakan lampu sepeda motor.

Di akhir persidangan, Ketua Majelis Suhartoyo memberikan pujian kepada keduanya. Ia mengatakan bahwa pesan yang akan digugat telah tersampaikan.

"Kalau saya cermati, permohonan saudara ini untuk seorang pemohon mahasiswa yang baru sekali beracara apalagi yang satu belum pernah, message-nya sih sudah tersampaikan," kata Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (4/2).


Polemik Lampu Motor Jokowi Tak Nyala, Pengamat Sebut Presiden dan Rakyat Harus Disamakan

Soal substansi yang disampaikan secara berulang, menurutnya, bisa diperbaiki dengan memilih narasi yang lebih tepat.

"Hanya mungkin substansinya ada yang redundant, ada yang berlebihan pengulangan-pengulangan. Sehingga anda sesungguhnya sudah bisa menarasikan ini dalam narasi yang lebih padat, sehingga esensi dari sebuah permohonan tidak hanya dari saudara pemohon dan hakim," kata Suhartoyo.

Suhartoyo menyebut gugatan kedua mahasiswa ini menjadi perhatian banyak orang karena membandingkan kejadian yang dialaminya dengan Jokowi.

"Karena satu dua media saya baca isu ini kan agak sering dimuat di sosial media, tentang ada perbedaan anda membedakan ketika anda pemohon satu kena tilang kenapa Pak Jokowi tidak. Itu kan kemudian jadi viral di sebagian media sosial," jelas Suhartoyo.

Polemik Lampu Motor Jokowi, Polri: Orang Nomor 1 di Indonesia, Jadi Kalau ke Mana-mana...

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata