logo


Beri Tips Tanam Vetiver Demi Cegah Longsor, Jokowi: Jangan Urusan Fisiknya Saja yang Diurusi

Jokowi sempat menyinggung pedangdut Veti Vera usai menyebut tanaman Vetiver

4 Februari 2020 16:36 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Setkab

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menyampaikan saran terkait penanggulangan banjir dan longsor di sejumlah daerah. Ia mengimbau pemerintah setempat agar tak terlalu fokus pada pembangunan secara material saja.

Jokowi menyarankan penanaman Vetiver untuk mencegah banjir maupun longsor. Bahkan ia juga sempat menyinggung nama seorang pedangdut, Vety Vera untuk berkelakar.

Vetiver merupakan tanaman akar rumput yang diduga kuat dapat memberi manfaat terhadap perbaikan lingkungan, termasuk mencegah tanah longsor.


Bertemu Prabowo, Luhut: Dia Bilang ke Saya, Enak Kerja Sama dengan Jokowi

"Jangan urusan fisiknya saja diurusi. Tapi tanam yang namanya Vetiver, akar wangi. Vetiver, bukan Vety Vera. Beda itu. Kalau Vetiver mungkin banyak yang belum kenal. Vety Vera mungkin banyak kenal," kata Jokowi, saat Rapat Koordinasi Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan tema Penanggulangan Bencana 2020 di Sentul, Bogor, Jawa Barat, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (4/2).

Menurut Jokowi, Vetiver termasuk tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat. Dalam waktu setahun tingginya bisa mencapai 1 hingga 1,5 meter.

"Dibuat tanggul penahan memang penting. Tapi yang lebih penting apabila kita mau merehabilitasi lahan. Menanam pohon yang memiliki akar kuat sehingga longsor tidak terjadi. Tanam vetiver," lanjutnya.

Agar Disegani Negara Lain, Luhut Ingin Indonesia Punya Nuklir

Halaman: 
Penulis : Iskandar