logo


Sebut Virus Corona Bencana Non-alam, Jokowi: Kita Harus Punya Skenario

Jokowi menyebut persiapan harus dilakukan untuk terkait wabah virus corona jika menyerang Indonesia

4 Februari 2020 12:00 WIB

Presiden Jokowi wawancara dengan awak media
Presiden Jokowi wawancara dengan awak media Doc Sekretariat Presiden

BOGOR, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa virus corona adalah bencana non-alam yang saat ini sedang menimpa masyarakat internasional. Jokowi mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati.

"Saya juga perlu ingatkan namanya bahwa yang namanya bencana bukan bencana alam saja, ada bencana non-alam. Sekarang contohnya kita bisa lihat adanya virus corona. Ini bencana dan harus hati-hati dengan ini," kata Jokowi dalam Rakornas Penanggulangan Bencana, di SICC, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Jokowi mengatakan pentingnya skenario dalam menangani virus corona jika menyerang Indonesia secara tiba-tiba.


Mahfud MD: Indonesia Dinilai Paling Cepat, Akurat, dan Tepat

"Kita harus punya skenario kalau itu terjadi. Moga-moga nggak terjadi di negara kita kalau terjadi harus punya skenario apa penyiapan apa di mana dikerjakan apa, step-step itu harus kita miliki karena kalau tidak kita akan tergagap-gagap," jelasnya.

Jokowi menyebut bahwa evakuasi terhadap 238 WNI dari Wuhan, China, diputuskan dan dilaksanakan secara cepat.

"Saya kemarin saya sampaikan apa adanya dan posisi yang sangat cepat, reaksi dari Kemenlu bersama-sama Kemenkes bersama-sama BNPB dan didukung penuh oleh Panglima TNI dan seluruh jajaran dan Polri dalam mengevakuasi WNI kita yang berada di Provinsi Hubei, Wuhan, untuk dibawa kembali ke Tanah Air dalam kecepatan sangat cepat," katanya.

"Diputuskan cepat, dilaksanakan dengan sangat cepat, ha-hal seperti ini yang saya apresiasi. Kecepatan-kecepatan seperti itu," lanjut Jokowi.

Bangun Rumah Sakit 10 Hari, China Belum Bisa Kalahkan Bandung

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata