logo


Semakin Parah, TNI Akhirnya Turun Tangan Bantu Atasi Karhutla Australia

TNI membentuk Satgas Garuda RI untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Australia.

1 Februari 2020 12:41 WIB

Kebakaran Hutan dan Lahan di Australia
Kebakaran Hutan dan Lahan di Australia National Geographic

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Satgas Garuda RI yang dibentuk oleh TNI untuk membantu penanganan bencana kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di wilayah Australia diberangkatkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Base Ops Landasan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (1/2).

"Atas keputusan pemerintah, TNI diperintahkan untuk mengirimkan pasukan guna membantu penanganan karhutla," kata Hadi saat memberikan sambutan dalam upacara pelepasan Satgas Garuda.

Hadi menjelaskan bahwa selama satu bulan, nantinya para personel Satgas Garuda RI tersebut akan membantu proses pemadaman kebakaran lahan dan hutan sekaligus membuka akses ke kawasan pemukiman warga di Distrik Eden, New South Wales.


Jelang Pelaksanaan PON XX, Idham Aziz Akui Telah Siapkan Satgas Khusus Pengaman Papua

"Lama kegiatan penugasan saat ini yang kita siapkan adalah satu bulan, namun bisa diperpanjang apabila dirasa masih diperlukan untuk membantu pemadaman," tuturnya.

Ia juga menyatakan bahwa TNI siap untuk menambah jumlah personel jika diperlukan. Untuk itu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia untuk Australia.

"Bisa juga terjadi apabila diperlukan, kita akan koordinasi terus dengan bapak Duta Besar dengan Atase Pertahanan untuk kita bisa menambah pasukan apabila diperlukan," ujarnya.

 

Warga Negara Australia yang Dievakuasi dari Wuhan Akan Dikarantina di Pulau Christmas

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia