logo


Sejumlah Kota di China Ditutup, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka

Semua akses jalur pendakian Gunung Merbabu mulai 1 Februari 2020 kembali dibuka.

1 Februari 2020 11:19 WIB

Sabana Gunung Merbabu
Sabana Gunung Merbabu phinemo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setelah selama kurang lebih empat bulan ditutup, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) kembali membuka semua akses jalur pendakian Gunung Merbabu mulai 1 Februari 2020.

Saat ini terdapat lima alternatif jalur pendakian menuju puncak Gunung Merbabu, yakni Selo, Suwanting, Wekas yang bisa diakses melalui Kabupaten Boyolali, serta Cunthel, Magelang, dan Thekelan via Salatiga.

Sebelumnya, semua jalur pendakian menuju puncak Merbabu ditutup sejak 12 September 2019 silam karena terjadi kebakaran hutan. Pihak BTNGMb kemudian melakukan pembersihan dan pembenahan dan penambahan papan informasi di kelima jalur tersebut untuk memandu pendaki.


Strategi Pemulihan Citra Pariwisata Pasca Bencana di Sulawesi Tengah

"Lima jalur pendakian itu telah dilakukan pembersihan, pembenahan fasilitas, dan penambahan papan informasi sebagai panduan pada pendaki," kata Kepala BTNGMb, Junita Parjanti, di Boyolali.

Kendati demikian, ia mengimbau para pendaki untuk tetap menaati peraturan dan memperhatikan kondisi cuaca dan jalur pendakian.

"Kami meminta para pendaki agar tetap mematuhi tata tertib saat pendakian gunung. Pendaki juga tetap memperhatikan kondisi cuaca dan situasi di jalur pendakian," imbuh Junita seperti dikutip Antara, Jumat (31/1).

Belum Keluarkan Travel Warning Terkait Virus Corona, Begini Alasan Pemerintah Indonesia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia