logo


Ingin Selamatkan Generasi Muda, PKS Usulkan Ganja Jadi Komoditas Ekspor

"Dasar pemikiranya adalah untuk selamatkan generasi muda dari bahaya narkoba," ujar Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto.

31 Januari 2020 15:18 WIB

pinterest

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto membela usulan salah satu politisi PKS agar ganja dijadikan komoditas ekspor. Ia menilai hal tersebut dapat menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkotika.

"Dasar pemikiranya adalah untuk selamatkan generasi muda dari bahaya narkoba," ujar Mulyanto kepada wartawan, Jumat (31/1/2020).

Mulyanto menjelaskan bahwa ganja tersebut nantinya dapat diolah dan dikelola oleh pemerintah menjadi obat-obatan kemudian diekspor ke luar negeri untuk kepentingan medis, dan bukan dalam wujud mentah.


Istana Tanggapi Usul PKS Soal Ekspor Ganja

"Aceh yang menghasilkan produk lokal ganja sabaiknya diekspor ke luar negeri untuk kepentingan medis dan dikelola dan diawasi oleh pemerintah," kata Mulyanto.

"Jadi maksudnya adalah ganja sebagai bahan baku/sudah diolah menjadi obat, semacam valium, rohipnol dan lain-lain yang masuk obat daftar G. Bukan ganja mentah yang dapat diselewengkan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, anggota Komisi VI DPR, Rafli Kande, mengusulkan agar ganja menjadi komoditas ekspor. Politisi PKS tersebut menilai komoditas ganja bisa berdampak baik bagi perdagangan Indonesia.

"Ganja entah itu untuk kebutuhan farmasi, untuk apa saja jangan kaku. Kita harus dinamis berpikirnya. Jadi ganja ini di Aceh tumbuhnya itu mudah," kata Rafli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/1).

Soal Usulan Ganja Jadi Komoditas, PPP: Bertentangan dengan Islam

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia