logo


WHO Tetapkan Virus Corona Sebagai Darurat Kesehatan Global

"Alasan utama penyataan ini bukanlah apa yang terjadi di China, tetapi apa yang terjadi di negara lain," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus

31 Januari 2020 11:30 WIB

kompas internasional

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Virus Corona jenis baru yang kini telah menyebar ke berbagai negara diluar China membuat WHO menyatakan hal tersebut sebagai darurat kesehatan global.

Organisasi Kesehatan Dunia tersebut mencatat setidaknya ada lebih dari 95 kasus virus Corona di 21 negara lain di kawasan Asia, Eropa, bahkan Amerika Serikat. Jumlah korban jiwa di China sendiri telah mencapai 170 orang.

WHO khawatir jika virus yang hingga kini belum ada vaksinnya tersebut menyebar ke negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah. Mayoritas kasus yang terjadi di luar China muncul pada orang-orang yang sebelumnya mengunjungi Kota Wuhan, sebuah kota dimana pertama kali virus tersebut muncul.


Jokowi Minta WNI di Hubei Dievakuasi, Kemlu Mulai Persiapan

"Alasan utama penyataan ini bukanlah apa yang terjadi di China, tetapi apa yang terjadi di negara lain," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir dari BBC.

Dalam sebuah jumpa pers yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss, WHO sendiri memuji tindakan pencegahan penyebaran virus yang dilakukan oleh pemerintah China.

"Biar saya perjelas, pernyataan ini bukanlah suara bahwa kami tidak percaya apa yang sudah dilakukan di China," tambahnya.

 

Soal Evakuasi WNI dari Kota Wuhan, Jokowi: Harus Disiapkan Betul Karena Ini Menyangkut Virus

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia