logo


Dorong Pencapaian Target, Dirut PLN Sampaikan 4 Prinsip Ini ke Direksi dan Komisaris Baru

4 point utama yang harus dijalankan PLN

29 Januari 2020 23:09 WIB

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengisi dialog dengan para pemimpin media masa di Jakarta, Rabu (29/1/2020)
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengisi dialog dengan para pemimpin media masa di Jakarta, Rabu (29/1/2020) pln

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Direksi dan Komisaris PT PLN (Persero) bertemu dengan para pemimpin media massa, 29 Januari 2020 di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan empat poin utama PLN dalam mendorong target dan tanggung jawab yang diemban di bidang ketenagalistrikan.

“Pertama dan terpenting adalah menjalankan perusahaan dengan prinsip Good Corporate Governance. Hanya dengan cara itu korporasi seperti PLN dengan tanggung jawab yang sedemikian tinggi, dapat menjalankan operasi dengan sebaik-baiknya,” kata lulusan ITB tersebut.

Prinsip berikutnya yaitu menempatkan pengguna listrik sebagai konsumen yang harus dilayani sebaik-baiknya. Dengan demikian, PLN sebagai penyedia kelistrikan harus menempatkan diri sebagai pelayan, dan bukan yang ingin dilayani.


Kurangi Emisi Karbon, PLN Optimalkan Penggunaan Pembangkit EBT

Untuk dapat menjalankan dua prinsip utama tersebut, seluruh pegawai PLN termasuk direksi dan komisari, kata Zulkifli, harus bekerja dengan penuh tanggung jawab, akuntabilitas tinggi, ownership terhadap tugas dan target, diiringi kemampuan eksekusi yang prima. Komitmen merealisasikan rencana yang sudah dibuat tanpa banyak alasan.

PLN juga harus memiliki kemampuan untuk membiayai mandat yang telah diberikan oleh Pemerintah kepada PLN. Untuk itu PLN harus memiliki rasio keuangan yang baik, memiliki cashflow yang baik dan sustain, memiliki EBITDA yang sehat dan meningkat, serta mampu menjadi perusahaan yang lebih efisien.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama juga memperkenalkan jajaran direksi dan komisarisnya. Di jajaran direksi, Zulkifli didampingi oleh Wakil Direktur Utama yakni Darmawan Prasodjo. Ia sebelumnya menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Kepresidenan bidang Infrastruktur dan Energi.

Jajaran direksi yang membantu Direktur Utama terdiri atas 9 orang, sedangkan komisaris dipimpin oleh Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama. Sebelum menjabat di posisi tersebut, Amien adalah Kepala SKK Migas dan juga komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ke depan, PLN di bawah kepemimpinan Direksi dan Komisaris yang baru, akan memfokuskan pada tiga aspek yakni penurunan biaya operasi perusahaan, peningkatan keandalan dan pelayanan, serta peningkatan pendapatan usaha. Dengan tiga langkah itu, kontribusi PLN terhadap keuangan negara diharapkan juga akan meningkat secara signifikan.

 

Darmawan Prasodjo Sebut PLN Terus Kembangkan Pembangkit Energi Baru Terbarukan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati