logo


Angkat Mantan TKI, Pertamina Resmikan Rumah Produksi Muka Agrijaya di Karawang

Pertamina resmikan rumah produksi Agrijaya di Karawang

29 Januari 2020 18:58 WIB

Program Muka Agrijaya, di Desa Bayur Kidul, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang yang diinisiasi Pertamina sejak tahun 2018, melalui Fuel Terminal Cikampek.
Program Muka Agrijaya, di Desa Bayur Kidul, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang yang diinisiasi Pertamina sejak tahun 2018, melalui Fuel Terminal Cikampek. Pertamina MOR III

KARAWANG, JITUNEWS.COM –PT Pertamina (Persero) meresmikan rumah produksi Kelompok Tani Sekar Arum di Desa Bayur Kidul, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang pada Rabu (29/1). Rumah produksi tersebut merupakan bagian dari program Muka Agrijaya yang sudah diinisiasi sejak tahun 2018.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengungkapkan, Muka Agrijaya singkatan dari Mulih Kadesa Agriculture Berjaya. Mulih Kadesa bermakna mengajak masyarakat yang semula bekerja diluar Desa Bayur Kidul untuk kembali ke desa dan bersama-sama bekerja membangun desa tempat asalnya.


Satgas Nataru Resmi Ditutup, Konsumsi BBM Naik

Sedangkan, Agriculture Berjaya memberikan optimisme bahwa kawasan yang kaya akan potensi agrikultur ini dapat menjadi sumber penghidupan yang layak, bahkan bisa berkontribusi positif untuk menggerakan perekonomian desa.

Program tersebut diawali dengan terbentuknya Kelompok Wanita Tani Sekar Arum. Sebagian anggota kelompok adalah eks Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang telah kembali ke tanah air dan memiliki keinginan sama untuk berkarya di kampung halaman. Kelompok Wanita Tani Sekar Arum telah beranggotakan 14 orang, dimana 11 diantaranya mantan TKI.

Kelompok Tani Sekar Arum memilih mengembangkan tanaman moringa atau kelor. Yakni jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim.

Tanaman moringa mulai dikembangkan sebagai olahan pangan. Kini sudah ada 13 varian makanan dengan moringa seperti aneka keripik, rengginang, kue dengan rasa moringa. Selain itu juga olahan bahan makanan dengan memanfaatkan bahan baku sumber daya lokal seperti nugget ayam dan chicken egg roll.

“Alhamdulillah kami bisa membuat aneka makanan untuk tambahan penghasilan. Tadinya dijual di lingkungan tetangga saja, tapi hari ini Pertamina membantu kami mewujudkan rumah produksi bagi kelompok, sehingga ke depan kami bisa mengurus ijin pangan indutri rumah tangga (PIRT) dari Dinas Kesehatan dan harapannya pemasaran bisa diperluas lagi,” kata anggota Kelompok Wanita Tani Sekar Arum, Sumayah di Karawang, Rabu (29/1/2020).

 

Pertamina Salurkan Bantuan bagi Korban Banjir dan Longsor di Bogor

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati