logo


Terkait Penanganan Kasus Jiwasraya, PKS Usulkan Pembentukan Pansus

Pembentukan Pansus dinilai oleh PKS mampu mengungkap lebih dalam terkait kasus Jiwasraya

29 Januari 2020 17:15 WIB

dok jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI mengusulkan pembentukan panitia khusus (Pansus) Jiwasraya untuk mengungkap secara tuntas persoalan di PT. Jiwasraya.

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini melihat masalah di PT Jiwasraya dan beberapa di BUMN adalah masalah yang sangat serius oleh karena itu perlu dibentuk pansus agar persoalan tersebut lebih luas dan komprehensif dalam penanganannya.

“PKS dari awal mengusul dibentuknya Pansus angket tentang Jiwasraya supaya lebih dalam, lebih luas dan komprehensif untuk mengungkapkan persoalannya,” ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (29/1/2020).


Kunjungi NasDem, Presiden PKS: Bicara Masalah Bangsa

Dia menyebut persoalan Jiwasraya tidak cukup hanya melalui Panitia Kerja (Panja) namun harus diselesaikan melalui Pansus. Diketahui

“Kalau hanya panja satu komisi itu tidak mungkin cukup karena kalau panja itu hanya komisi memang kewenangan komisi itu hanya untuk Panja, nah Pansus itu mestinya dibicarakan oleh lintas fraksi di Bamus,” tuturnya.

Jazuli menegaskan usulan pembentukan pansus angket Jiwasraya ini bukan untuk menjatuhkan pemerintah namun lebih kepada persoalan yang ada di PT Jiwasraya adalah persoalan yang sangat serius untuk diselesaikan.

“Sekali lagi mengungkap kasus Jiwasraya bukan untuk menjatuhkan pemerintahan, bukan untuk mencari kambing hitam tapi lebih kepada ini persoalan-persoalan serius. Uang warga, uang masarakat di situ raib yang konon kabarnya hampir 13 triliun karena itu perlu kita ungkap,” kata dia.

“Banyak masyarakat baik lewat sosmed, surat waktu kita reses turun ke dan dapil banyak mengusulkan kasus ini harus diungkap,” imbuhnya.

Dalam hal ini, Jazuli mengungkapkan bahwa pihaknya telah membangun komunikasi dengan fraksi-fraksi lain, pasalnya untuk membentuk pansus syaratnya harus lebih dari satu fraksi.

“Kita sudah membangun komunikasi dengan fraksi lain, tapi kita tetap menghormati sikap-sikap fraksi lain, masing-masing punya sikap sendiri-sendiri kalau kita ingin mengungkap persoalan ini secara jelas dan transparan supaya tidak ada orang diseret-seret padahal dia tidak tahu urusannya kan lebih baik diungkapkan secara luas,” pungkasnya.

Erick Thohir Janjikan Dana Nasabah Jiwasraya Mulai Dicicil Mulai Bulan Maret 2020

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia
 
×
×