logo


Belum Keluarkan Travel Warning Terkait Virus Corona, Begini Alasan Pemerintah Indonesia

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Pemerintah untuk saat ini belum mengeluarkan kebijakan travel warning untuk WNI yang berencana melakukan perjalanan ke China lantaran masih menunggu rekomendasi dari WHO.

28 Januari 2020 15:00 WIB

okezone.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Pemerintah untuk saat ini belum mengeluarkan kebijakan travel warning untuk WNI yang berencana melakukan perjalanan ke China lantaran masih menunggu rekomendasi dari WHO.

Ia menjelaskan bahwa kemungkinan kebijakan tersebut dikeluarkan setelah melakukan pembahasan dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan.

"Patokannya adalah rekomendasi WHO. Nanti, kalau WHO sudah merekomendasikan sesuatu, baru kami bersama Menkes dan Menlu akan membahas tentang kemungkinan-kemungkinan lain," kata Budi kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (28/1).


Virus Corona Bikin AS Pulangkan Personel Pemerintahannya dari China

Ia menjelaskan bahwa sejauh ini pemerintah hanya sebatas mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan kunjungan ke Kota Wuhan. Menteri Kesehatan sendiri menilai wilayah penyebaran virus Corona sendiri masih sebatas kota tersebut.

"Menkes jelas menyatakan saat ini hanya Wuhan yang diidentifikasi sebagai daerah yang harus dihindari dan Wuhan juga menutup. Karena itu, kita tidak ke Wuhan dan dari Wuhan tidak ke kita (Indonesia)," tuturnya.

Sementara itu, sejumlah negara Eropa seperti Jerman dan Perancis telah mengeluarkan kebijakan travel warning, bahkan Amerika Serikat berencana untuk memulangkan warga dan personel pemerintahannya dari wilayah China.

Kemenkes Pastikan Produk 'Made in China' Aman dari Virus Corona

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia