logo


Kemenkes Pastikan Produk 'Made in China' Aman dari Virus Corona

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto memastikan bahwa barang impor dari China tidak akan menjadi media penyebaran virus Corona ke Indonesia.

28 Januari 2020 10:59 WIB

asiacommerce.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto memastikan bahwa barang impor dari China tidak akan menjadi media penyebaran virus Corona ke Indonesia. Ia menjelaskan bahwa diperlukan benda hidup untuk membawa virus tersebut.

"Virus ini sama persis dengan benalu di pohon, parasit di pohon, benalu ini tidak akan pernah bisa hidup di pohon yang mati, jadi kalau pohonnya mati benalunya juga mati, demikian juga dengan virus ini, dia hanya bisa hidup di sel hidup," kata Achmad di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Senin (27/1).

Ia menilai barang impor seperti produk elektronik, pakaian, dan produk lainnya tidak akan menularkan virus tersebut meskipun telah terpapar sebelumnya. Ia meminta masyarakat untuk tidak merasa takut sehingga menolak barang-barang produksi China.


Saingi Mbah Mijan, Bill Gates Lebih Dulu Ramalkan Virus Corona

Achmad meminta masyarakat Indonesia untuk lebih memperhatikan higienitas dan menjaga pola hidup sehat dengan membiasakan diri mencuci tangan.

"Kebiasaan yang sudah kita survey bahwa dalam satu menit rata-rata setiap orang menyentuh mata, hidung, mulut itu paling enggak dua kali tanpa disadari," kata dia.

Sejauh ini, virus Corona sendiri telah menewaskan sedikitnya 80 orang dan telah menginfeksi lebih dari 2000 orang.

Virus Corona Bikin AS Pulangkan Personel Pemerintahannya dari China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia