logo


Tanggulangi Kepanikan, PPP Desak Pemerintah Tegaskan Kebenaran Informasi Corona

PPP meminta pemerintah ambil tindakan terkait informasi Virus Corona agar tidak simpangsiur

27 Januari 2020 17:14 WIB

suara.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi IX DPR RI, Anas Thahir menilai pemerintah perlu segera memberi penjelasan resmi terkait simpangsiurnya informasi masuknya virus Corona di Indonesia.

Menurutnya masyarakat jangan dibiarkan punya asumsi sendiri akibat dari informasi berbagai sumber yang kadang kala informasi tersebut tidak valid kebenarannya.

“Merespon simpangsiurnya pemberitaan dan informasi mengenai penyebaran virus corona di beberapa daerah, pemerintah perlu segera memberi penjelasan resmi kepada masyarakat  agar mereka tidak panik dan mendapat informasi yang benar terkait virus corona,”  ujar Anas Thahir saat dihubungi Jitunews.com, Senin (27/1/2020).


Pemerintah Upayakan Perlindungan bagi WNI di Wuhan, Tiongkok

Politisi PPP ini mengatakan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) harus bergerak cepat dengan menggerakkan seluruh kekuataannya agar penangan dampak penyebaran virus corona benar-benar bisa berjalan baik tanpa memunculkan kepanikan sosial yang bisa berakibat lebih buruk.

Beredarnya informasi bahwa virus Corona telah masuk ke wilayah Indonesia, pemerintah diminta untuk menelusuri kebenaran informasi tersebut dan segera disampaikan kepada masyarakat.

Menurutnya jika benar informasi tentang virus Corona telah masuk ke wilayah Indonesia maka pemerintah harus memastikan bahwa nagara sanggup menangani seluruh pasien dengan baik dan terukur.

“Tapi jika informasi tidak benar, masyarakat harus segera diberitahu apa yang sesungguhnya terjadi,” kata dia.

“Jika hasil penelusuran ternyata benar bahwa corona sudah benar-benar masuk ke Indonesia, maka pemerintah perlu mempertimbangkan kemungkinan menutup sementara masuknya warga China ke Indonesia sampai batas waktu yang diperlukan,” pungkasnya.

Tak Setuju Pelarangan Warga China ke Indonesia, Pakar HI: Itu Melanggar HAM

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Trisna Susilowati